IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA

Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo, Asep Amam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah Polya. Artikel ini merupakan kajian studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa desain pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah
berdasarkan langkah-langkah Polya dapat dijadikan sebagai inovasi dalam pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini, yaitu: (1) mengorientasikan siswa pada masalah; (2) mengorganisasikan kegiatan pembelajaran; (3) membimbing invesitigasi mandiri dan kelompok berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya, diantaranya: (a) memahami masalah; (b) menyusun rencana; (c) melaksanakan rencana; dan (d) mengecek kembali; (4) melakukan pengembangan dan mempresentasikan hasil karya; dan (5) melakukan analisis dan evaluasi terhadap proses pemecahan masalah. Pemberian masalah matematis non-routin yang disajikan dalam bentuk soal matematika kontekstual, maupun masalah terbuka atau terstruktur yang diterapkan pada pembelajaran berbasis masalah potensial digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika 2(1), 39-46.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill.

Depdiknas. (2002). Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Fatimah, A. T. & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. Mathline Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141-150.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), 47-56.

Jumadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. Makalah disampaikan pada Workshop Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum 2004 Madrasah Aliyah DIY, Jateng, Kalsel di FMIPA UNY.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2009). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Permendikbud (2016a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Permendikbud (2016b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Permendikbud (2016c). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Polya, G. (1973). How to Solve It (Second Edition). United States of America: Princeton University Press.

Riedesel, C. A., Schwarts, J. E., dan Clements, D. H. (1996). Teaching Elementary School Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. [Online]. Tersedia: http://www.fizkarlsruhe.de/fiz/publications/zdm/2dm97343.pdf.

So, H.J., Kim, B. (2009). Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25(1), 101-116.

Sunaryo & Fatimah. 2018. Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran scaffolding untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa. Laporan hasil penelitian: Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Galuh.

Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy 2(2), 11-29. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/700

Zakiah, N. E. (2017b). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan self awareness siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika 2(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1

Zakiah dan Sunaryo. 2017. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan self awareness siswa. Laporan hasil penelitian: Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Galuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: