IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL

Oki Ratna Dila, Luvy Sylviana Zanthy

Sari


Aritmatika sosial merupakan salah satu materi yang penting untuk dipelajari siswa karena berkaitan dengan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: menghitung harga pembelian dan harga penjualan, keuntungan dan kerugian, bunga, diskon, pajak, bruto, tara, dan neto. Tetapi pada kenyataannya siswa masih kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dan penyebabnya dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Metode penelitian ini yaitu deskriptif yang bersifat kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa instrumen soal, dengan prosedur analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, pengolahan data, dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga jenis kesulitan yaitu: (1) kesulitan aspek bahasa, misalnya siswa sulit memahami atau menafsirkan soal dan tidak dapat menceritakan kembali maksud soal menggunakan bahasa sendiri; (2) kesulitan aspek prasyarat, misalnya siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, serta kurang memahami konsep sehingga sulit menentukan rumus yang digunakan; dan (3) kesulitan aspek terapan, misalnya siswa tidak dapat melakukan perhitungan dengan tepat, dan tidak memberikan kesimpulan jawaban. Kesulitan ini disebabkan karena siswa belum paham dengan materi aritmatika sosial. Kesimpulannya yaitu siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, D. (2017). Pembelajaran aritmetika sosial pada kelas vii menggunakan kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan saintifik. Tesis: IKIP Siliwangi.

Evijayanti, W., & Khotimah, R. P. (2018). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 295-302.

Fatimah, A. T. & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran prosedural matematis dalam pemecahan masalah konteks pemasaran. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141-150.

Fitri, N. M. A., Adirakasiwi, A. G., & Utami, M. R. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa smp, 3(2), 1-14.

Khasanah, U., & Sutaman. (2015). Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa smp. Artikel Publikasi, 1-13.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 53-62.

Lestari, D. T., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal aritmatika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Journal on Education, 1(2), 440–444.

Marina, & Suciati, I. (2019). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika aritmetika sosial siswa kelas vii smp negeri 3 kota palu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 44-52.

Nuraida, I. (2017). Analisis kesalahan penyelesaian soal bangun ruang sisi lengkung siswa kelas ix smp negeri 5 kota tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30.

Raharjo, J. F., & Sulaiman, H. (2017). Mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika diskrit dan pembentukan karakter konstruktivis mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar berbantuan aplikasi education edmodo bermodelkan progresif pace (project, activity, cooperative and exercise). Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 47-62.

Sari, A. W. (2017). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa di tinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa kelas viii smp muhammadiyah 2 kartasura tahun ajaran 2016/2017. Chemosphere, 7(1), 13-19.

Shalikhah, M. (2019). Analisis kesulitan siswa smp negeri 3 pleret pada materi aritmatika sosial. Academy of Education Journal, 10(1), 44-54.

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and newman’s error analysis. Allan Leslie White Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy 2(2), 11-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: