KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Nita Yunia, Luvy Sylviana Zanthy

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VIII di SMP Bina Putra Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara langsung dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial bervariasi, diantaranya kesalahan mengubah soal cerita ke dalam model matematika, kesalahan menggunakan rumus aritmatika sosial dan kesalahan siswa dalam menyimpulkan jawaban yang dikerjakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.

Andayani, F., & Lathifah, N, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.

Astutik, Y., & Kurniawan, L. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(1), 95-100.

Fatimah, A. T. & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran prosedural matematis dalam pemecahan masalah konteks pemasaran. Mathline Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141-150.

Halim, F., & Rasidah, N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan (analysis of student errors in resolving the problem of. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35-44.

Henidarwati, Hasbi, M., & Madeli, T. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 10 palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika.

Inayah, F. F. (2018). Penerapan teori situasi didaktik pada materi aritmatika sosial. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, (2), 35–47.

Isna, N. N., & Kurniasari, I. (2018). Identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan open ended problem materi aritmatika sosial smp ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 607-613.

Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis kesalahan menurut tahapan kastolan dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Journal on Education, 01(03), 396-404.

Mulianty, R. H., Hanafiah, N. A., & Sugandi, I. A. (2018). Hubungan antara kemampuan pemahaman matematik dengan kemandiian belajar siswa smp yang menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Mulyani, N., & Hanifah. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Prosiding Sesiomadika 22, 469-477.

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2), 174-187.

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smk pada materi program linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20.

Paramitha, N. (2017). Analisis proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika materi aritmatika sosial siswa smp berkemampuan tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 1(10), 983-994.

Permatasari, S. W. E. (2014). Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada standar kompetensi dasar memasang instalasi penerangan listrik di smkn 7 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 47-53.

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis kesalahan konsep siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika dengan metode newman. J-Pimat, 1(2), 69-78.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 120-129, https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379.

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(2), 61-68.

Setiani, D., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita tentang aritmatika sosial uang. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 174-180.

Simarmata, A. M., Wibowo, M. R. H., Hutajulu, M., & Hendriana, H. (2018). Motivasi belajar siswa smp dengan menggunakan. Jurnal Prisma, VII(2), 135–144.

Susilowati, L & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman. Mosharafa, 7, 13–24.

Wahyudin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148-160.

Wahyuni, D. S. (2018). Penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii c pada materi luas dan keliling lingkaran di mts birobuli. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 77-83.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: