KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

Siti Rohmah Paujiah, Luvy Sylviana Zanthy

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Subjek dari penelitian ini adalah 13 orang siswa kelas VIII salah satu SMP swasta di Kabupaten Cianjur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan wawancara terhadap subjek untuk melacak kesulitan dalam menyelesaikan tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi SPLDV adalah kesulitan dalam menggunakan sifat-sifat pertambahan dan perkalian pada persamaan, kesulitan menentukan lambang-lambang yang membentuk SPLDV, kesulitan menentukan hasil akhir, dan kesulitan dalam melakukan operasi pada bilangan. Faktor yang menyebabkan kesulitan-kesulitan tersebut adalah terburu-buru dalam menjawab soal, kurang teliti, lupa rumus, tidak memahami soal, dan salah mengoperasikan. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata persentase dari keseluruhan soal yang diberikan bahwa siswa tergolong rendah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isnaeni, S., Fajriyah, L., Rizky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa smp pada materi persamaan garis lurus. Jurnal of Medives. 2(1), 107–115.

Maya, R. (2011). Pengaruh pembelajaran dengan medote moore termodifikasi terhadap pencapaian kemampuan pemahaman dan pembuktian matematik mahasiswa. Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.

Mubarok, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis pencapaian siswa smp dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di smpn 1 campaka mulya-cianjur. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 507–516.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Online document.

Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi writing to learn pada siswa smp. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Susanto, A. (2015). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Susilawati. (2014). Pengaruh layanan guru dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar di kota cilegon. Universitas Pendidikan Indonesia. [Onlline]. Tersedia: http://repository.upi.edu. [27 November 2019].

Zakiah, N. E. (2016). Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: