FORECASTING DATA RUNTUN WAKTU MUSIMAN MENGGUNAKAN METODE SINGULAR SPECTRUM ANALYSIS (SSA)

Dadang Ruhiat, Dini Andiani, Wulan Nurul Kamilah

Sari


Pemodelan dan forecasting data runtun waktu akhir-akhir ini terus berkembang dan digunakan di berbagai bidang termasuk di bidang hidrologi. Parameter hidrologi yang sangat penting adalah debit sungai di Indonesia sebagaimana halnya di negara tropis lainnya, besaran dan fluktuasinya dipengaruhi oleh dua faktor musiman, yaitu musim hujan dan kemarau. Pemodelan dan forecasting runtun waktu berbasis statistik pada dasarnya dapat dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu statistik parametrik dan statistik non-parametrik. Namun fakta menunjukkan pemodelan dan forecasting runtun waktu melalui pendekatan statistik parametrik  lebih banyak dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan dan forecasting data runtun waktu debit sungai melalui pendekatan statistik non-parametrik dengan menggunakan metode Singular Spectrum Analysis (SSA).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil forecasting metode SSA dan mengetahui hasil komparasinya dengan hasil forecasting statistik parametrik yang telah dilakukan sebelumnya melalui model Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA). Metode proses penelitian ini adalah berupa kajian teori yang kemudian dilanjutkan dengan proses komputasi. Hasil analisis menunjukkan metode SSA memberikan hasil forecasting dengan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) yang  lebih kecil dari model SARIMA. Dengan demikian disimpulkan forecasting runtun waktu debit sungai yang berpola musiman melalui metode SSA relatif lebih baik dari hasil forecasting model SARIMA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alharby, N., & Hassani, H. (2016). A new approach for selecting the number of eigenvalues in singular sectrum analysis. Journal of Franklin Institute, 353, 1-16.

Bako, H. Y., Matias, & Monica. H. (2013). Predictive modeling of pelagic fish catch in Malaysia using seasonal arima models. Science Group Publishing, 2(3), 136-140, Technology and Human Development, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Darmawan, G., Mulyani, S., & Sudartianto. (2012). Pengujian pola musiman pada data deret waktu dengan menggunakan regresi spektral. Universitas Padjdjaran Djatinangor.

Darmawan, D. (2017). Literatur review singular spectral analysis. Universitas Padjdjaran Djatinangor.

Hassani, H. (2010). Singular spectrum analysis based on the minimum variance estimator. Real Word Applications, 11, 2065-207.

Hassani, H., Kalantari, M., & Yarmohammadi, M. (2017). An improved ssa forecasting result base on filtered reccurent forecasting algorithm. C.R. Acad. Sci. Paris, Ser. I 355, 1026-1036.

Juwono, P. T. (2010). Pengaruh perbedaan rerata data debit pada pemodelan deret berkala untuk peramalan debit sungai dengan metode arfima. Jurnal Pengairan, 1(2), Fakultas Teknik UNIBRAW.

Ruhiat, D. (2016). Penerapan model seasonal autoregressive fractionally integrated moving average (sarfima) untuk peramalan debit air sungai cimanuk. Tesis Statistika Terapan. Universitas Padjadjaran.

Ruhiat, D., & Effendi, A. (2018). Pengaruh faktor musiman pada pemodelan deret waktu untuk peramalan debit sungai dengan metode sarima. Teorema: Teori dan Riset matematika, 2(2), 117-128, p-ISSN 2541-0660, e-ISSN 2597-7237.

Ruhiat, D., & Suwanda, C. (2019). Peramalan data deret waktu berpola musiman menggunakan metode regresi spektral. Teorema: Teori dan Riset matematika, 4(1), 1-12, p-ISSN 2541-0660, e-ISSN 2597-7237.

Sakhabakhsh, L., & Yarmohammadi. (2012). An empirical study of the usefulness of sarfima in energi science, Internastional Journal of Energy Science, 2(2), 59-63.

Suprayogi,I., Fauzi, Manyuk, Efrizal, & Eki. (2015). Pengembangan model hidrologi runtun waktu untuk peramalan debit sungai menggunakan daubechies wavelet–adaptive neuro fuzzy inference system (study kasus sub das siak bagian hulu). Annual Civil Engineering Conference, ISBN :978-979-792-636-6, Fakultas Teknik, Universitas Riau, Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: