PERMASALAHAN MATEMATIKA ARITMATIKA SOSIAL DALAM BENTUK CERITA: BAGAIMANA DESKRIPSI KESALAHAN-KESALAHAN JAWABAN SISWA?

Rini Nuraeni, Suny Guinesya Ardiansyah, Luvy Sylviana Zanthy

Sari


Soal bentuk cerita merupakan salah satu persoalan matematika yang sering menimbulkan masalah-masalah dalam mengerjakannya, sehingga soal matematika dalam bentuk cerita menjadi dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Aritmatika sosial merupakan materi yang penting dipelajari siswa karena materi ini berhubungan dengan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari, seperti harga penjualan dan pembelian, untung dan rugi, suku bunga, diskon, pajak, dan bruto.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi aritmatika sosial dalam bentuk cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII pada salah satu MTs yang berada di kota Cimahi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dianalisis berasal dari 10 jawaban siswa dari 31 jawaban siswa dengan menggunakan tahapan teknik analisis yang terdiri atas: pengumpulan data, pengolahan data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa terdapat tiga jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal, yaitu: (1) kesalahan dalam konsep; (2) penyusunan model matematika; dan (3) penulisan simbol-simbol matematika. Kesalahan-kesalahan ini disebabkan karena siswa belum memahami materi aritmatika sosial dengan baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Evijayanti, W., & Khotimah, R. P. (2018). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 295-302.

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal on Education. 01(03), 128–134.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan hasil ujian nasional. http://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.ig/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&. (diakses pada 5 Maret 2020)

Ruseffendi, E. (1990). Pengajaran matematika modern dan masa kini. Bandung: Tarsito.

Sari, A. W. (2017). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa di tinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa kelas viii smp muhammadiyah 2 kartasura tahun pelajaran 2016/2017. Chemosphere, 7(1), 13–19.

Shalikhah, M. (2019). Analisis kesulitan siswa smp negeri 3 pleret pada hmateri aritmatika sosial. Academy of Education Journal, 10(1), 44-54.

Setyono, D & Sutarni, S. (2013). Kesalahan menyelesaikan soal matematika dalam bentuk soal cerita pokok bahasan aritmatika sosial. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FKIP UMS, 15 Mei 2019.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: