DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Dianne Amor Kusuma

Sari


Latar belakang penelitian ini adalah penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas dan memakan banyak korban. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah membuat kebijakan bagi para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar di rumah hingga 19 Juni 2020. Agar materi tetap tersampaikan dan proses pembelajaran tidak terganggu dengan kondisi tersebut, maka dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan pembelajaran daring berdampak terhadap kemandirian belajar mahasiswa selama melaksanakan PJJ pada mata kuliah Geometri. Dalam penelitian ini digunakan metode survey terhadap 45 orang mahasiswa S-1 Program Studi Matematika FMIPA Unpad Bandung angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring memberikan dampak positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah Geometri selama PJJ. Sebaiknya pada penelitian selanjutnya dikaji pula mengenai dampak penerapan pembelajaran daring terhadap resiliensi matematis mahasiswa selama PJJ.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A. (2004). Teknik belajar yang efektif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alshawi, S. T., & Alhomoud, F. A. (2016). The impact of using edmodo on saudi university EFL students’ motivation and teacher-student communication. International Journal of Education, 8(4), 105–121.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Handayani, N., & Hidayat, F. (2018). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK kota cimahi. Journal on Education, 1(2), 1–8.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa indonesia di perguruan tinggi. Journal Indonesian Language and Literature, 3(1), 99–110.

Moore, M. G., & Kearsley, G. (2005). Distance education: a system view. Belmont, CA: Thomson Wadsworth.

Nsiah, G. K. B. (2013). Best practices education: a review. Creative Education Journal, 4(12), 96–110.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosenberg, M. J. (2001). Building successful online learning in your organization e-learning strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw Hill.

Saphiro, L. (1997). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta: Gramedia.

Schunk, D. H., & B. J. Zimmerman. (1998). Introduction to the self regulated learning (SRL) cycle. New York: The Guilford Press.

Simarmata, J. (2006). Pengenalan teknologi komputer dan informasi. Yogyakarta: Andi.

Simarmata, J., Djohar, A., Purba, J., & Juanda, E. A. (2018). Design of a blended learning environtment based on merrill’s principles. J. Phys.: Conf. Ser. 954(1), 1–6.

Sudarsi. (2017). Pengaruh efektivitas penggunaan edmodo terhadap kepuasan siswa di SMKN 1 surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 246–262.

Sumarmo, U. (2010). Kemandirian belajar: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/KEMANDIRIAN-BELAJAR-MAT-Des-06-new.pdf. Diakses 8 Mei 2020.

Supianti, I. (2016). Dampak penerapan e-learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 1–6.

Umar., & La Sulo. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: