PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN WINGEOM BERDASARKAN LANGKAH BORG AND GALL

Luthvia Rohmaini, Netriwati Netriwati, Komarudin Komarudin, Fadly Nendra, Maratul Qiftiyah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan Wingeom pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yaitu kelas IX-D MTs.N 2 Bandar Lampung berjumlah 40 peserta didik dan kelas IX-1 MTs Mathla’ul Anwar Gisting berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket (kuesioner). Uji analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari produk. Hasil penelitian yang dilakukan pada uji validasi memperoleh skor persentase rata-rata 78% dengan kriteria “Layak” oleh ahli materi, 86% dengan kriteria “Sangat Layak” oleh ahli media, dan 87% dengan kriteria “Sangat Layak” oleh ahli bahasa. Sedangkan respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebesar 82% dengan kategori “Sangat Menarik”. Uji coba produk dilakukan pada skala kecil dan skala besar, diperoleh persentase rata-rata 79,72% dengan kategori “Sangat Menarik”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria layak/valid dan menarik untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurohman, Endun, Muis, A., & Sulistyono. (2020). Pembelajaran inquiri dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan retensi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 7(2), 1–7.

Aini, Purnama, E., Masykur, R., & Komarudin. (2018). Handout matematika berbantuan etnomatematika berbasis budaya lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950.

Amin & Rifqi, A. (2015). Pengembangan pendidikan agama islam: reinterpretasi berbasis interdisipliner. Cetakan I. Sewon, Bantul, Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Anas & Sudijono. (2015). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta Pusat: PT. Raja Grafindo.

Aprilianti, Indri, Sunardi, & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao desa temuasri sempu banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika 21(1), 1–8.

Arif, Fikri, D. S., Purnomo, D., & Sutrisno. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika berbantu macromedia flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89–100.

Cholik, M., & Adinawan. 2015. Matematika semester 2 untuk SMP kelas ix. Jakarta: Erlangga.

Cicilia, Yayuk, & Vebrianto, R. (2020). Survei penilaian lkpd untuk meningkatkan pemahaman pada materi siklus makhluk hidup siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 83–94.

Diana, Mulia, Netriwati, & Suri, F. I. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa islami dengan pendekatan inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906.

Disnawati, Hermina, & Nahak, S. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika tenun timor pada materi pola bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64–79.

Fajar, Alan, F., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2018). Etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu masyarakat osing di desa gintangan banyuwangi sebagai bahan ajar geometri. KadikmA, 9(3), 97–108.

Firmasari, Siska, Y. L., Sukestiyarno, & Mariani, S. (2013). Pengembangan bahan ajar menggunakan taksonomi solo superitem dengan tutor sebaya berbantuan wingeom. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

Fitriyah, Nur, D., Santoso, S., & Suryadinata, N. (2018). Bahan ajar transformasi geometri berbasis discovery learning melalui pendekatan etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–58.

Fonna, M., & Mursalin. (2018). Pengembangan modul geometri analitik bidang berbantuan wingeom sofware untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 12.

Harista, Qomadza, A. Q., & Rukun, K. (2020). Efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah perawatan kulit wajah jurusan pendidikan tata rias dan kecantikan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 151–62.

Haryati, S. (2012). Research and development (r&d) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. FKIP-UTM 37 (01), 11–26.

Hasanah, Uzlifatul, & Indrawati, D. (2020). Pengembangan modul gebar (gerak baris-berbaris) bagi siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(7).

Hidayat, Saifullah, Anggraeni, F. D. R., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan buku bergambar bertekstur dilengkapi teka-teki silang sebagai media pembelajaran biologi sub materi jaringan epitel kelas xi sma. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1), 15–24.

Hidayat, Y. (2016). Perbedaan hasil belajar, minat dan motivasi siswa kelas x sman 1 palu pada materi jarak titik ke bidang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan e-learning dan aplikasi wingeom. JSTT, 5(1).

Hidayati, N. (2016). Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis lingkungan hidup terintegrasi dalam pembelajaran membaca dan menulis teks siswa smp negeri 2 turen tahun 2015. Jurnal NOSI, 4(1), 68–80.

Irmayanti, Irmayanti, & Suryani, H. (2020). Pengembangan modul aplikasi komputer terapan tata busana bagi mahasiswa PKK FT UNM. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(1), 38–48.

Khalimah, Nur, Farin, K. I., Nikmah, M. Ni’mah, K., & Jatmiko. (2017). Budaya kediri dalam pembelajaran matematika (pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik. JIPMat, 2(1).

Kurniasari, Intan, Rakhmawati, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan e-module bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1 (3), 227–35. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3597.

Kurniawan. (2008). Mandiri mengasah kemampuan diri matematika untuk SMP/MTs kelas ix. Jakarta: Erlangga.

Laurens, T. (2010). Penjenjangan metakognisi siswa yang valid dan reliabilitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 201–11.

Linda, K., & Setia, B. (2011). Matematika untuk SMP dan MTs kelas ix. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Marsigit, Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Maryati & Suparman. (2018). Analisis kebutuhan bahan ajar berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, 387.

Mulyani, E. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(1), 29–34.

Nelawati, Meriyati, Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2018). Pengembangan bahan ajar bercirikan etnomatematika suku komering materi bangun datar siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 407–14.

Nisa, Choirun, & Agung, Y. A. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan multisim 10 simulations pada materi pelajaran teknik elektronika dasar di SMK negeri 7 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 02.

Nugroho, Zaid, K. U., Widada, W., Zamzaili, & Herawaty, D. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui media youtube dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1): 96–106.

Nuniek & Agus, A. (2008). Mudah belajar matematika untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Nurafni, Atika, Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71–80.

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34.

Prabawa, Ari, E., & Zaenuri. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model project based learning bernuansa etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–29.

Pradipta, Dyah, & Hernawati, K. (2015). Pengembangan lembar kegiatan siswa materi garis dan sudut dengan pendekatan inquiry berbantuan software wingeom. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Prasetya & Indra, T. (2012). Meningkatkan keterampilan menyusun instrumen hasil belajar berbasis modul interaktif bagi guru-guru ipa smpn kota magelang. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2).

Pratami, Martyas, R. K. V., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantu adobe flash melalui etnomatematika pada rumah adat lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 59–72.

Purwanto. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta.

Pinahayu, R., Ajeng, E., Auliya, R. N., & Adnyani, L. P. W. (2018). Implementasi aplikasi wingeom untuk pengembangan bahan ajar di smp. Jurnal PKM 01 (02).

Rizki & Putra, W. Y. (2019). Pengembangan bahan ajar gamifikasi matematika siswa mts. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1).

Sani & Abdullah, R. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills. Tira Smart, 1.

Saputra, Ady, Wakhinuddin, & Rizal, F. (2019). Pengembangan media pembelajaran elektronik berbasis masalah pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(2), 39–44.

Sari, Permata, R. S., Fadila, A., & Fiteriani, I. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan software adobe flash untuk kelas viii smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 565–72.

Sedarmayanti, Hidayat, & Syarifudin. (2002). Metode Penelitian. Bandung: Mandiri Maju.

Sefriyanti, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran materi dimensi 2 dan 3 berbasis aplikasi wingeom di smkn 3 sijunjung. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 2(2), 124–35.

Serena, Anasthasia, N., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2020). Eksplorasi kebutuhan bahan ajar pada matakuliah bioprospeksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4): 472–77.

Setiawan, Bara, T., Wahyu, S., & Sunardi, S. (2018). Etnomatematika pada pura mandara giri semeru agung sebagai bahan pembelajaran matematika. KadikmA, 9(1), 156–64.

Setiyadi & Wahyu, M. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–12.

Srimaya. (2017). Efektivitas media pembelajaran power point untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68.

Subchan, Winarni, Mufid, M. S., Fahim, K., & Syaifudin, W. H. (2018). Matematika - Studi dan Pengajaran. Cetakan II. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Subekti, Marfilinda, & Suparman. (2020). Analisis kebutuhan e-lkpd untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).

Sukri, Akhmad, Harisanti, B. M., Wahyuni, B. S., Suharti, & Amirudi, A. (2017). Uji validasi bahan ajar berbasis keunggulan lokal di sdn gili matra, lombok utara nusa tenggara barat. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 92–97.

Sutama, Ketut, I., Suharta, I. G. P, & Suweken, G. (2014). Pengembangan pembelajaran geometri sma berdasarkan teori van hiele berbantuan wingeom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1).

Sutrisno, Budi, A., & Atira, A. (2020). Keefektifan penggunaan aplikasi wingeom dalam pemaparan materi pelajaran dimensi tiga. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–45.

Tjiptiany, Novita, E., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa sma kelas x dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10): 1938–42.

Umam, M. K. (2019). Studi komparatif paradigma teori belajar konvensional barat dengan teori belajar islam. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 24.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–83.

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada keraton yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).

Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2020). Pengembangan bahan ajar modul berbasis ctl sebagai bagian dari pengembangan ssp. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 1–6.

Zakiy, M. A.,, Syazali, M., & Farida. (2018). Pengembangan media android dalam pembelajaran matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: