PERAMALAN JUMLAH KEDATANGAN WISATAWAN MANCANEGARA KE INDONESIA DENGAN METODE HOLT-WINTERS DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PENDAPATAN DEVISA PARIWISATA

Muhammad Aldrin Degasputra Chandrasa, Eman Lesmana, Elis Hertini

Sari


Pariwisata merupakan sektor penghasil devisa penting di Indonesia. Dalam industri pariwisata, ketepatan dan kelengkapan prakiraan yang baik diperlukan dari pembuat kebijakan dan praktisi untuk mempersiapkan sarana-prasarana, akomodasi, dan transportasi  wisatawan. Jumlah kedatangan wisatawan yang beragam tiap bulannya dan kedatangan yang berpola musiman sehingga diperlukan metode yang dapat memprediksi kedatangan wisatawan dengan tepat. Karena data kedatangan wisatawan berpola musiman dan tidak stasioner, pada paper ini akan digunakan metode peramalan Holt-Winters multiplikatif untuk meramalkan kedatangan yang berpola musiman, dan kemudian akan dicari hasil ramalan dengan pendapatan devisa pariwisata. Dari hasil penelitian ini didapat hasil ramalan dan hubungan dengan pendapatan devisa pariwisata yang kemudian hasil tersebut dapat digunakan sebagai bahan kajian instansi terkait dalam mengambil kebijakan mengenai pariwisata dan kedatangan wisatawan mancanegara, seperti pemerintah, pengelola tempat wisata, penyedia transportasi, dan penyedia akomodasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2019). Dipetik dari https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html

Emmanuel, O. O., Adebanji, A., & Labeodan, O. (2014). Using holt winter’s multiplicative model to forecast assisted chillbirths at the teaching hospital in ashanti region. Ghana. Journal of Biology, Agriculture, and Healthcare, 4(9).

Holt, C.C. (1957). Forecasting seasonals and trends by exponentially weighted moving averages. ONR Memorandum, 52, Carnegie Institute of Technology, Pittsburgh.

Huda, S. (2009). Analisis penerimaan devisa sektor pariwisata dan faktor-faktor yang mempengaruhi di provinsi jawa timur. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".

Qadarrochman, N. (2010). Analisis penerimaan daerah dari sektor pariwisata di kota semarang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Skripsi. Semarang: Universitas Diponogoro.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Lembarang Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 11. Sekretariat Negara Indonesia. Jakarta.

Sungkawa, I., & Megasari, R. T. (2011). Penerapan ukuran ketepatan nilai ramalan data deret waktu dalam seleksi model peramalan volume penjualan pt satriamandiri citramulia. Jakarta: Binus University.

Winters, P. R. (1960). Forecasting sales by exponentially weighted moving averages. Jurnal Management Science, 6(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3790

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: