KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Marwia Tamrin Bakar, Karman La Nani, Yulyanti Harisman, Asep Amam

Sari


Model discovery learning adalah salah satu model diantara empat model yang direkomendasikan oleh kurikulum 2013 sebagai model pembelajaran inovatif yang mampu mengembangkan kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam penerapannya, model discovery learning mengarahkan siswa agar mampu menemukan informasi dan memahami konsep yang dipelajari secara mandiri berdasarkan kemampuan yang dimilikinya dengan bimbingan dan pengawasan guru. Penggunaan model discovery learning, diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa dalam memahami materi himpunan. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VII-A salah satu SMP Negeri di Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan desain one sample pretest-postest. Data kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh melalui aktivitas proses pembelajaran dan tes formatif materi himpunan setelah penerapan model discovery learning. Hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh hasil bahwa terdapat 19 orang siswa (59,37%) mencapai kualifikasi “baik sekali”, 9 orang siswa (28,13%) mencapai kualifikasi baik, dan 4 orang siswa (12,50%) dalam kualifikasi cukup. Pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa, terdapat 28 orang siswa (87,50%) mencapai ketuntasan, dan 4 orang siswa (12,50%) belum mencapai ketuntasan dalam belajar matematika pada materi himpunan. Penerapan model discovery learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII-A salah satu SMP Negeri di Kota Ternate pada materi himpunan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep matematika dan kompetensi strategi matematis siswa smp dengan pendekatan metaphorical thinking. Jurnal Infinity Pendidikan Matematika. STIKIP Siliwangi, 1(2), 196–197.

Alma, B., et al. (2010). Guru profesional menguasai metode dan terampil mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bakar, M. T, Suryadi, D., & Darhim. (2018). The Association between concept understanding and reasoning ability in mathematics; An Analysis of DNR- Based instruction model, Journal of Physics: Conference Series. IOP Conf. series 1088 012107

Bakar, M. T, (2018) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran serta disposisi matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui model dnr-based instruction. Disertasi. Pada Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak dipublikasikan.

Bakar M. T, Suryadi D, & Darhim. (2020). Improvement of college student mathematical concept understanding through dnr-based instruction models. DOI 10.5220/0008899101900193. Proceding of the 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL 2018), Page 190–193. ISBN: 978-989-758-439-8. Copyright@ 2020 by SCITEPRESS-Science and Technologi Publications, Lda. All rights reserved.

Borthick, F., & Jones, D. R. (2000). Motivation for collaborative online learning invention and its application in information systems security course. Issues in Accounting Education, 15(2), 181–210.

Dewiatmini, P. (2010). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan himpunan siswa kelas vii a smp negeri 14 yogyakarta dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

NCTM. 2005. How students learn: History, mathematics, and science in the classroom. Washington, DC: National Academies Press.

Rahmawati, D. 2011. Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan metode pemberian tugas dan resitasi pada kelas xi ipa sma negeri 1 seyegen sleman yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian dan pengembangan reseach and development. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U (2013). Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Kumpulan makalah Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UPI: Bandung.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: