DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Ai Tusi Fatimah, Sri Solihah

Sari


Pendidikan SMK memiliki tujuan khusus yaitu mempersiapkan siswa bekerja sesuai dengan bidang keahliannya. Mata pelajaran matematika mendukung tujuan tersebut yang ditandai dengan kompetensi lulusan, yaitu siswa memiliki pemahaman matematika dalam melaksanakan tugas sesuai keahliannya. Pemahaman matematika tersebut akan terwujud apabila guru mengintegrasikan konsep matematika dengan kebutuhan dari masing-masing bidang keahlian pada bahan ajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bahan ajar matematika yang ditujukan untuk siswa SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Bahan ajar dirancang berlandaskan konteks-konteks APHP, kompetensi dasar mata pelajaran matematika, dan kemampuan pemahaman matematis. Bahan ajar yang dihasilkan berbentuk lembar kerja yang memiliki kekhasan yaitu situasi masalah yang disajikan pada setiap lembar kerja merupakan konteks APHP produksi pengolahan hasil nabati. Implementasi bahan ajar dilakukan di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Ciamis pada Kompetensi APHP. Evaluasi dilakukan pada setiap tahapan penelitian sehingga menghasilkan lembar kerja siswa yang dapat digunakan untuk siswa SMK APHP.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakker, A. (2014). Characterising and developing vocational mathematical knowledge. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 151–156. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9560-4.

Branch, R. M. (2011). Instructional design. Instructional Design. https://doi.org/10.4018/978-1-60960-503-2

Coben, D., & Weeks, K. (2014). Meeting the mathematical demands of the safety-critical workplace: medication dosage calculation problem-solving for nursing. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 253–270. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9537-3.

Fatimah, A. T. (2018). Pedagogik matematika di sekolah vokasi. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 1–8.

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756.

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran prosedural matematis dalam pemecahan masalah konteks pemasaran. Mathline, 3(2), 141-150.

Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2019). Matematika pada kompetensi teknik dan bisnis sepeda motor. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 31-47. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.584.

Fatimah, A. T., & Prabawanto, S. (2020). Mathematical understanding and reasoning of vocational school students in agriculture-based mathematical tasks. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 701–712. https://doi.org/10.17478/JEGYS.702884.

Fatimah, A. T., Pramuditya, S. A., & Wahyudin, W. (2019). Imitative and creative reasoning for mathematical problem solving (in context horticultural agribusiness). Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042092

Fatimah, A. T., & Solihah, S. (2020a). Bilangan bentuk pangkat, akar, dan logaritma: lembar kerja siswa berbasis agribisnis pengolahan hasil pertanian. CV. Tsaqiva Publishing. http://www.elsevier.com/locate/scp

Fatimah, A. T., & Solihah, S. (2020b). Matematika pada mata pelajaran produksi pengolahan hasil pertanian. Umlahku Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2), 176–187.

Fatimah, A. T., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2020). The role of agricultural contextual knowledge on the mathematical understanding of vocational students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032020.

FitzSimons, G. E., & Björklund Boistrup, L. (2017). In the workplace mathematics does not announce itself: towards overcoming the hiatus between mathematics education and work. Educational Studies in Mathematics, 95(3), 329–349. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9752-9.

Johnson, H. L., McClintock, E., & Hornbein, P. (2017). Ferris wheels and filling bottles: a case of a student’s transfer of covariational reasoning across tasks with different backgrounds and features. ZDM - Mathematics Education, 49(6), 851–864. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0866-4.

Lacroix, L. (2014). Learning to see pipes mathematically: preapprentices’ mathematical activity in pipe trades training. Educational Studies in Mathematics. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9534-6.

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis komputer menggunakan flipbook maker disertai nilai islam pada materi peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. The Council.

Permendikbud. (2018). Standar Kelulusan. Permendikbud No 34 Tahun 2018, 48(2), 123–154. https://www.academia.edu/38922036/The_Integration_of_Technology_into_English_Language_Teaching_The_Underlying_Significance_of_LMS_in_ESL_Teaching_despite_the_Ebb_and_Flow_of_Implementation?email_work_card=view-paper%250Ahttps://doi.org/10.1155/2016/3159805%25

Rahim, R., & Wahyuni, D. (2012). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan kontekstual pada siswa smk negeri 5 medan. Jurnal MathEducation Nusantara, 53(9), 1689–1699.

Sáenz, C. (2009). The role of contextual, conceptual and procedural knowledge in activating mathematical competencies (PISA). Educational Studies in Mathematics, 71(2), 123–143. https://doi.org/10.1007/s10649-008-9167-8

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi logaritma pendahuluan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di dunia pendidikan yakni matematika, dimana matematika merupakan ilmu yang bersifat universal. 10(1), 80–92.

Swanson, D., & Williams, J. (2014). Making abstract mathematics concrete in and out of school. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 193–209. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9536-4

Williams, J., & Wake, G. (2007). Black boxes in workplace mathematics. Educational Studies in Mathematics, 64(3), 317–343. https://doi.org/10.1007/s10649-006-9039-z




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: