DESAIN LEMBAR KERJA SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MODEL MATEMATIKA KNISLEY BERBANTUAN GEOMETRYX

Puji Nurfauziah, Alwan Fauzy, Nelly Fitriani

Sari


Pada masa pandemi Covid-19 seluruh kegiatan pembelajaran bersifat daring dan mayoritas kegiatan pembelajaran menggunakan handphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) dengan menggunakan model matematika Knisley berbantuan Geometryx di masa Covid-19. Pengembangan LKS ini dipandang dapat menjadi satu alternatif yang akan menjadikan kegiatan pembelajaran daring menjadi lebih menarik dan interaktif. LKS BRSD dengan model matematika Knisley berbantuan Geometryx meliputi empat tahapan, yaitu: (1) concrete–reflective; (2) concrete–active; (3) abstract–reflective; dan (4) abstract–active. Metode dalam penelitian ini yaitu design research yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (1) desain pendahuluan (preliminary design); (2) percobaan desain (design experiment); dan (3) analisis restrospektif (restrospective analysis). Data yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari hasil validasi dua orang validator dan respon dari 30 siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa LKS BRSD dengan menggunakan model matematika Knisley berbantuan Geometryx berada pada kriteria valid dan tidak perlu direvisi. LKS BRSD dengan menggunakan model matematika Knisley berbantuan Geometryx mendapatkan respon yang positif dari siswa, sehingga dipandang dapat menjadikan pembelajaran matematika secara bermakna.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abida, R., & Kusuma, A. B. (2019). Pemanfaatan mobile learning pada pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 229–235. Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/716/614

Allsopp, D. H., Kyger, M. M., & Lovin, L. H. (2007). Teaching mathematics meaningfully: Solutions for reaching struggling learners. Teaching mathematics meaningfully: Solutions for reaching struggling learners. Retrieved from http://unicat.bangor.ac.uk:4550/resserv?genre=book&issn=&title=Teaching+mathematics+meaningfully%253A+Solutions+for+reaching+struggling+learners.&volume=&issue=&date=2007-01-01&atitle=&spage=299&aulast=Allsopp&sid=ProQ:PsycINFO&isbn=1557668663&jtitle=&bti

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis virtual learning dengan gnomio. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11921.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Awwalin, A. A. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang sisi datar. 4(1), 225–230. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.225-230

Buana, D. R. (2020). Analisis perilaku masyarakat indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (covid-19) dan kiat menjaga kesejahteraan jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082.

CoSN. (2020). Covid-19 Response: Preparing to take school online.

Dedy, E., Mulyana, E., & Sudihartinih, E. (2012). Berdasarkan model pembelajaran matematika knisley sebagai upaya meningkatkan kompetensi. Pythagoras, 7(1), 101–112. Doi: https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2840.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk sma kelas x. EduSains, 4(2), 94–103. Doi: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512.

Haety, N. I., & Mulyana, E. (2013). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sma. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1), 1–8.

Johnston-Wilder, S. (2016). Learning to teach mathematics in the secondary school. Learning to Teach Mathematics in the Secondary School. https://doi.org/10.4324/9781315672175

Knisley, J. (2000). A four-stage model of mathematical learning. Journal of the Learning Sciences, (423).

Knisley, J. (2002). A four-stage model of mathematical learning. Jurnal. online. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.324.522&rep=rep1&type=pdf

Lamote, H. (2017). Kesulitan-kesulitan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di madrasah aliyah ddi labibia. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 56–72. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2019). Penerapan bahan ajar trigonometri dengan model matematika knisley untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 356. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1551

Prahmana, R. C. I. (2017). Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Rajawali Pers.

Romadoni, E. M. C. (2016). Implementasi model pembelajaran matematika knisley (mpmk) dalam upaya meningkatkan. Prosiding Universitas Muhamamadiyah Surakarta, (Knpmp I), 570–579.

Salirawati, D. (2006). Penyusunan dan kegunaan lks dalam proses pembelajaran. Makalah Dipresentasikan pada Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, UNY Yogyakarta. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=9910012516550974052&hl=id&as_sdt=0,5

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman umum menghadapi pandemi covid-19 bagi pemerintah daerah : pencegahan, pengendalian, diagnosis dan manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tusiah, & Amalia, S. (2018). Identifikasi kesulitan belajar siswa smp dalam memahami konsep luas dan volume limas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 378–389.

Unicef. (2020). Covid-19 emergency preparedness and response wash and infection prevention and control measures in schools.

White, T., & Martin, L. (2014). Mathematics and Mobile Learning. TechTrends, 58(1), 64–70. https://doi.org/10.1007/s11528-013-0722-5

Zinnurain, & Gafur, A. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa smp kelas viii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 157–168. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp%0APENGEMBANGAN




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: