KAJIAN PEMODELAN MATEMATIKA TERHADAP PENYEBARAN VIRUS AVIAN INFLUENZA TIPE-H5N1 PADA POPULASI UNGGAS

Dian Permana Putri, Herri Sulaiman

Sari


Seperti yang dikutip dari Centers of Disease Control and Prevention, Avian Influenza (AI), atau sering disebut dengan flu burung adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus H5N1 tipe A pada unggas. Virus H5N1 diklasifikasikan ke dalam dua kategori yaitu patogenik rendah dan patogenik tinggi yang mengacu pada kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit parah (berdasarkan karakteristik molekuler dari virus dan mortalitas pada unggas di bawah kondisi percobaan). Virus H5N1 hidup dalam saluran pencernaan unggas sehingga unggas yang terinfeksi dapat mengeluarkan virus ini melalui tinja yang kemudian mengering dan hancur menjadi semacam bubuk. Bubuk inilah yang kemudian dihirup oleh manusia atau binatang lainnya. Pada penelitian ini, untuk mempresentasikan pola penyebaran virus Avian Influenza pada populasi unggas dibuat ke dalam bentuk model matematika dengan menggunakan Sistem Persamaan Diferensial Nonlinear (PDNL). Dari fakta yang ada mengenai virus Avian Influenza, dibentuk asumsi yang nantinya digunakan untuk membuat model matematika. Setelah model matematika terbentuk lebih lanjut dicari titik ekuilibrium model dan dianalisis apakah titik ekuilibrum yang ditemukan stabil asimtotik atau tidak, kemudian diakhir penelitian ditentukan simulasi numeris dengan membuat plot/grafik dari sistem model matematika agar dapat diinterpretasikan pada keadaan yang sebenarnya.Kata kunci : Avian Influenza, Pemodelan Matematika, Titik Ekuilibrium, Kestabilan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aditama, 2004. Flu Burung di Manusia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Anton, H., 2004, Aljabar Linear Elementer edisi kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Asmara, W. 2008. Peran Biologi Molekuler Dalam Pengendalian Avian Influenza dan Flu Burung. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada.

Derouich, M. & Boutayeb. 2008. An Avian Influenza Mathematical Model. Applied Mathematical Sciences. Vol II (36). Oudja : Faculte des Sciences.

Gantmacher, F.R., 1959, The Theory of Matrices, Chelsea Publishing Company, New York, N.Y.

Hanh, W., 1967, Stability of Motion, Springer-Verlag, Inc., New York.

Khalil, H.K., 2002, Nonlinear System (Third Edition), Prentice-Hall, Inc, New Jersey.

Luenberger, D.C., 1979, Introduction to Dynamic Systems, John Willey and Sons, Inc, United States.

Noviana P & Kartono. 2008. Strategi Model Pengendalian Penyebaran Virus Influenza. Jurnal matematika FMIPA Universitas Diponegoro, Vol II ; 141-145.

Olsder, G.J., 1994, Mathematical Systems Theory, Delftse Uitgevers Matschappij b.v., Netherlands

Perko, L., 1993, Differential Equations and Dynamical System, Springer- Verlag, Inc., New York.

Radji, M. 2006. Avian Influenza A (H5N1) : Patogenesis, Pencegahan, dan penyebaran pada manusia. Majalah Ilmu Kefarmasian Vol III : 55-65.

Rahardjo, Y. 2004. Avian Influenza, Pencegahan, Pengendalian, dan Pemberantasannya. Jakarta : PT Gita Gallus Utama.

Siswanto, Supriyono, Wuryanto. 2013. Model Matematika penyebaran Flu Burung dari Unggas ke Manusia. Jurnal Matematika FMIPA UNNES Vol II.

Smith, James O. Lioyd, 2003, Curtailing transmission of severe acute respiratori syndrome within a community and its hospital, the royal society , diakses 25 September 2015.

Susanta, B., 1989, Pemodelan Matematis. Jakarta : Modul UT.

Tarumingkeng, R.C., 1994, Dinamika Populasi Kajian Ekologi Kuantitatif. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Wiggins, S., 1996, Introduction to Applied Nonlinear Dynamical System and Chaos, Springer-Verlag, Inc., New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: