ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR NALAR MATEMATIS SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi)

A A Gde Somatanaya

Sari


Berpikir nalar matematis adalah salah satu kemampuan utama yang perlu dimiliki dan merupakan fitrah dari manusia. Melalui berpikir nalarnya manusia terus berkembang dan meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis dan berubah secara kontinu serta dapat berkreasi dan menciptakan teknologi yang dapat mempermudah kehidupannya. Manusia selalu berpikir serta melalui daya nalarnya dapat membedakan suatu argumen valid maupun invalid. Semakin tajam daya nalar seseorang maka ia akan semakin mampu menghadapi tantangan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir nalar matematis dan mengetahui indeks prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika serta mengetahui hubungan fungsional dan kontribusi kemampuan nalar matematis terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa. Subjek penelitian diambil secara purposive random sampling, instrumennya adalah tes kemampuan berpikir nalar matematis. Data yang didapat dari tes dan dokumentasi dianalisis menggunakan software SPSS Versi 20. Kesimpulannya adalah Kemampuan Berfikir Nalar Matematis tergolong baik, Indeks Prestasi Komulatif mahasiswa pendidikan matematika tergolong sangat memuaskan dan Kontribusinya kemampuan nalar matematis terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa tergolong sangat tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah. 2000. Suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran analogi matematika. Tesis pada PPS UPI (tidak diterbitkan). Bandung.

Dahlan, J. A. 2004. Meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman matematika siswa sekolah lanjutan tingkat pertama melalui pendekatan pembelajaran open ended. Disertasi Doktor pada PPS UPI (tidak diterbitkan). Bandung.

Hudojo, H. 1990. Pengembangan kurikulum matematika dan pelaksanaannya di depan kelas. Usaha Nasional. Surabaya.

Karli, H. dan S.M. Yuliariatiningsih. 2002. Implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Model-model pembelajaran. Bina Media Informasi. Bandung

Mullis, I.V.S, Martin, M.O., Gonzalez, E.J. and T.A. Smith. 2000. TIMMS 1999. International mathematics report. The International Study Center Bortox College, Lynch School of Education.

Mullis, I.V.S, Martin, M.O., Gonzalez, E.J., Smith, T.A., Garden, R.A., Gregory, K.D., Chrostowki, S.J., dan O’Connor, K.M. 2003. TIMSS. Assessment Frameworks and Specifications 2003. Trend in mathematics and science study. The International Study Center Bortox College, Lynch School of Education.

Mundiri. 2002. Logika. Karya Grafindo Persada. Jakarta.

Nasution, N. 1997. Materi psikologi pendidikan. Depdikbud. Jakarta

Priatna, N. 2002. Kemampuan penalaran induktif dan deduktif serta kaitannya dengan pemahaman matematika siswa kelas 3 SLTP Negeri di Kota Bandung. Disertasi pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Non Eksakta Lainnya. : IKIP Semarang Press. Semarang.

Sudijono, A. 1996. Pengantar evaluasi pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sudjana.1992. Metoda statistika, edisi ke-5. Tarsito. Bandung

Suherman, E. dan U. Winataputra. 1993. Strategi belajar mengajar matematika. Depdikbud. Jakarta

Suherman, E., dkk. 2001. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. JICA. Bandung

Suriasumantri, J.S. 1996. Filsafat ilmu. Sebuah pengantar populer. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa SMA dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar. Disertasi pada Fakultas Pasca Sarjana IKIP Bandung. (Tidak diterbitkan).

Sumarmo, U. 2000a. “Hand outs proses belajar dan pemahaman materi kuliah.” Disajikan pada Lokakarya Peran Pedagogi dalam Peningkatan Proses Pembelajaran TPB ITB, tanggal 4 Desember 2000.

Sumarmo, U. 2000b. Kecenderungan pembelajaran matematika pada abad 21. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika FPMIPA, UPI Bandung.

Sumarmo, U. 2002a. “Alternatif pembelajaran matematika dalam menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.”Makalah disajikan pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI Bandung. (Tidak diterbitkan).

Sumarmo, U. 2002b. “Pembelajaran matematika untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi.” Makalah disajikan pada pelatihan guru MTs, Agustus 2002 di Bandung.

Sutiarso, S. 2000. Problem posing, strategi efektif meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Tidak diterbitkan. Bandung.

Suzana, Y. 2003. Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa SMU melalui pembelajaran dengan pendekatan metakogtnitif. Tesis pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).

Wahyudin. 1999. Kemampuan guru matematika, calon guru matematika, dan siswa dalam mata pelajaran matematika. Bandung: Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.547

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: