PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS

Yoni Sunaryo

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen skala Self-efficacy berupa angket yang terdiri dari 15 pernyataan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 2 CIAMIS tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sample adalah teknik stratified sampling atau sampling bertingkat yang mana diambil satu kelas mewakili masing-masing tingkat sehingga ada tiga kelas yang diambil sebagai sample dengan jumlah siswa secara keseluruhan ada 101 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata dari skor keseluruhan skala Self-efficacy adalah 3,07 sehingga masuk ke dalam kategori positif. Dimensi Self-efficacy ada tiga dan masing-masing dimensi dihitung rata-ratanya. Dimensi magnitude skor rataannya sebesar 3,1 yang berarti positif. Dimensi generality skor rataannya sebesar 2,9 yang berarti negatif. Dimensi strength skor rataannya sebesar 3,2 yang berarti positif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and company.

Handayani, I. (2011). Penggunaan Model Method dalam Pembelajaran Pecahan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. Tesis pada SPs UPI. Tidak Diterbitkan.

Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/self-efficacy-matematis .(13 Desember 2012).

Sadewi, dkk. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Jurnal UNES.

Suastikayasa, K. (2011). Self Efficacy Matematika Siswa. Online : http://dinasti-tamblang.blogspot.co.id/2013/05/self-efficacy-matematika-siswa.html.(5 Oktober 2011).

Subandar, J. (2007). Berpikir Reflektif. Makalah Pembicara utama seminar nasional matematika. Bandung : FPMIPA UPI.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: