KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Ika Meika, Asep Sujana, Septiani Dwi Arifiyanti, Ina Ramadina

Sari


Dalam rangka menyiapkan bangkitnya generasi emas Indonesia tahun 2045, diperlukan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, maju, mandiri dan modern, serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan potensi kemampuan siswa diantaranya kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM). Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi limit melalui pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak tiga orang siswa kelas XI SMK Bismillah Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK Bismillah Serang masih tergolong rendah. Hasil ini dibuktikan dengan hanya ada satu siswa yang mampu memenuhi indikator KBKM yaitu indikator elaborasi. Tidak ada satupun siswa yang memenuhi indikator kelancaran (kemahiran), kelenturan dan keaslian. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika daring guru menggunakan aplikasi online whatsApp. Siswa menyatakan bahwa tidak menyukai pembelajaran matematika daring, siswa juga tidak mau mempelajari materi pembelajaran yang dirasa sulit di luar jam pelajaran, siswa kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Hal ini juga disebabkan karena kurangnya interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam bertanya kepada guru terkait materi yang dijelaskan.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, limit, pembelajaran daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 melalui pendidikan berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3(2), 73–87.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Education Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189.

Ismaimuza, D. (2013). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Sains Humanika, 63(2).

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa sma. JPPM, 10(2), 8–13.

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(2), 107–114.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui discovery learning berbasis scientific approach. Jurnal Refleksi Edukartika, 6(2),145–157.

Rizki, C., & Hidayati, N. (2019). Analisis kesulitan siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling students’ creative thinking in solving and posing mathematical problem. IndoMS.J.M.E, 1(1), 17–40.

Sudirman, Cahyono, E., & Kadir (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa smp pesisir ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 3(2), 11–22. DOI: 10.33772/jpbm.v3i2.5729.

Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas viii smp dalam menyelesaikan soal luas bangun. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–9.

Sumarmo, U., et al. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Hybrid-PjBL: Creative thinking skills and self-regulated learning of preservice teachers. J. Phys.: Conf. Ser. 1521 032072. doi:10.1088/1742-6596/1521/3/032072

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020c). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285–293. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5534

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: