MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DISKRIT DAN PEMBENTUKAN KARAKTER KONSTRUKTIVIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN APLIKASI EDUCATION EDMODO BERMODELKAN PROGRESIF PACE (PROJECT, ACTIVITY, COOPERATIVE AND EXERCISE)

Jajo Firman Raharjo, Herri Sulaiman

Sari


Pembelajaran merupakan faktor yang esensial dalam mencapai tujuan pendidikan, tidak hanya sebagai pengupayaan perbaikan mutu yang berfokus pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah seharusnya merupakan suatu proses yang mengatisipasi dalam perbaikan kualitas mutu pendidikan di masa depan yang bersifat progresif. Perkembangan yang pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika dibidang teori bilangan, aljabar, teori peluang dan matematika diskrit yang berjalan beriringan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era learning society atau masyarakat pembelajar.Banyak kritikan dengan cara dosen yang menyampaikan konsep hanya secara informatif belaka dan mahasiswa hanya dibebani dengan tugas latihan yang banyak tanpa pemahaman yang bermakna. Di lain pihak, penyajian materi pada bahan ajar perkuliahan belum sepenuhnya efektif dan komprehensif menyentuh ranah mahasiswa, memberikan akses mahasiswa untuk berkembang secara mandiri melalui pemahaman konsep. Standar pencapaian kemampuan pemahaman konsep mengiringi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat mungkin tercapai dengan mengembangkan bahan ajar dengan aplikasi adaptive e-learning melalui aplikasi Edmodo dengan model Progresif PACE (Project, Avtivity, Cooperative learning, Exercise) karena dengan edmodo model progresif PACE,  mahasiswa mampu mengkonstruksi sendiri ide matematis melalui kegiatan ilmiah sehingga karakter konstruktivispun terbentuk.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan 4-D Thiagarajan yaitu define, design, develop dan dessiminate untuk mengembangkan bahan ajar aplikasi Edmodo dengan model Progresif PACE yang valid, implementasi bahan ajar yang efektif dan kepraktisan bahan ajar sebagai antisipasi progresif pada pencapaian kemampuan pemahaman konsep dan pembentukan karakter konstruktivis mahasiswa. Bahan ajar yang dikembangkan adalah Buku Ajar Mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang dapat memotivasi dosen untuk menggunakannya sebagai variasi pembelajaran yang inovatif dan progresif. Implementasi bahan ajar yang berkontribusi kepada mahasiswa untuk mampu menemukan kemampuan pemahaman konsep secara konstruktivis.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar yang dikembangkan menggunakan model Progresif PACE dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah matematika diskrit berbantuan aplikasi Education Edmodo adalah berkriteria baik, yaitu: 1) Ketuntasan pembelajaran menggunakan model Progresif PACE dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah matematika diskrit berbantuan aplikasi Education Edmodo, 2) Buku ajar yang dikembangkan dengan pembelajaran menggunakan model Progresif PACE efektif dalam mencapai kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah matematika diskrit berbantuan aplikasi Education Edmodo dan 3) Buku ajar yang dikembangkan dengan pembelajaran menggunakan model Progresif PACE praktis dalam mencapai kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah matematika diskrit berbantuan aplikasi Education Edmodo, hal itu ditunjukan dari respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilakukan, 4) Pembelajaran menggunakan model Progresif PACE dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah matematika diskrit berbantuan aplikasi Education Edmodo berpengaruh terhadap pembentukan karakter konstruktivis mahasiswa. Kata Kunci : Pengembangan Buku ajar, Aplikasi Edmodo model Progresif PACE, pemahaman konsep dan Karakter konstruktivis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik. Tulip Banjarmasin.

Hobri, 2010. Metode Penelitian Pengembangan. Jember:Pena Salsabila.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Disajikan dalam Pelatihan Kurikulum 2013. IKIP PGRI Semarang, 30 juli 2013.

Lee, Carl. 1999. An Assesment of the PACE Strategi for an Introduction Statistic Course. USA:Central Michigan University.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Problem Solving in School Mathematics. Missouri: NCTM.

Nieveen. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research. Dalam An Introduction to Educational Design Research (van den Akker, Bannan, Kelly, Nieveen & Plomp)

Silaban, Bajongga. 2006. Implikasi konstruktivis terhadap Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Darma Agung Vol IX No.01/Januarai/2016. STT Telkom.

Sulthon. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivis dalan Pendidikan Bagi anak Usia Dini. Jurnal Vol.1 No.1 juli-desember 2013. IKIP Pontianak.

Sumarmo, I. 2004. “ Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Menengah”. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika tanggal 9 Oktober 2004. Univesitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) to Improve The Teaching Of Mathematics. Far East Journal of Mathematical Education,Volume 10, Number 1, pp 91-107.

Thiagarajan, S. 1974. Instruksional Development for Training Teachers of Exceptional Student : A Sourcebook . Minneapolis: Indiana University Bloomington.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: