ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS X PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Cholid Cholid, Ahmadi Ahmadi, Dian Nataria Oktaviani

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada model pembelajaran Discovery Learning dan rendahnya hasil ulangan harian siswa pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA kelas X pada materi perbandingan trigonometri. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas X SMA N 3 Kota Tegal dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menganalisis jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning masih tergolong rendah dengan persentase sebesar 41,66%. Penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis karena pembelajaran Discovery Learning yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif sehingga siswa kesulitan memahami materi yang diberikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakar, M. T., Lanani, K., Harisman, Y., & Amam, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan Melalaui Model Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 271–279.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Hafizin, M. A. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Geometri Kubus Dan Balok Di Kelas IX SMP Negeri 03 Pulau Beringin. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 61–65.

Hartati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. PRENADAMEDIA GROUP.

Kepa, S., & Hatta-Sjahrir, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda Neira. 1(2), 72–85.

Paridjo. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Kesalahan Konseptual Dan Prosedural. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018, 1, 231–242.

Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Kelas XI Pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 12–24.

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50.

Sibarani, J. D., Gusmania, Y., & Hanggara, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 17 Batam. 6(2), 128–138.

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2), 8.

Winangun, I. M. A. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Sd. e-Journal Mitra Pendidikan, 4(5), 256–268.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: