PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA

Setiyani Setiyani

Sari


Representasi merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika, namun dalam kenyataannya kemampuan representasi siswa masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis dapat
ditingkatkan melalui pembelajaran yang menggunakan berbagai model, pendekatan,
metode, strategi pembelajaran serta bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar berupa LKS yang dapat menumbuhkan kemampuan
representasi matematis siswa. Penelitian ini menghasilkan: bahan ajar berupa LKS
matematika terhadap kemampuan representasi matematis pada materi statistika dimana
hasil persentase validasi bahan ajar LKS oleh ahli adalah sebesar 94% yang termasuk
dalam kriteria sangat valid yang berarti LKS tersebut layak digunakan dalam pembelajaran
materi statistika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Sa’adun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Arafah, dkk. (2012). Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education 1(1), 47-53.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Mataram : Pena Salsabila.

Muchayat. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. JURNAL PP VOLUME 1, NO. 2, DESEMBER 2011. Pp 200-208.

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.1, No. 1: 15-21. Malang: Prodi Pendidikan Matematika FKIP UIM.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.

Noto, M. S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-bound). Infinity Journal, 3(1), 18-32.

Noto, M. S., Pramuditya, S. A., & Dina Pratiwi, D. S. (2017). PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN, SPASIAL DAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Repository FKIP Unswagati.

Prihandhika, A. (2017). PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA SMKN 39 JAKARTA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.573

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: