KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING

Moch Rafly Aprilianto, Ahmadi Ahmadi, Rizqi Amaliyakh Sholikhakh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan peserta didik dengan tinjauan gaya belajar. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Brebes. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari hasil angket gaya belajar dan nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 7 subjek yaitu 3 subjek gaya belajar visual dengan kemampuan ikomunikasi matematis tinggi, sedang dan rendah; 3 subjek gaya belajar auditorial dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang dan rendah; i1 subjek gaya belajar kinestetik dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini untuk mengukur validitas dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek gaya belajar visual tinggi imemenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, subjek gaya belajar visual sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, subjek gaya belajar visual rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, subjek gaya belajar auditorial tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, subjek gaya belajar auditorial sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulisan, subjek gaya belajar auditorial rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis lisan idan tulisan, subjek gaya belajar kinestetik rendah tidak memenuhi satupun indikator kemampuan komunikasi matematis ilsan dan tulisan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Auliana, N. (2017). Analysis of student’s com m unication m athem atical skills on m atery statistics reviewed from learning styles visual, Auditorial, Kinestetic (Vak). 01(06), 9.

De Porter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum learning. Bandung: Kaifa.

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran matematika online di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 250-259. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Hidayati, F., Susongko, P., & Isnani. (2017). Pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di sekolah menengah pertama. 8. JPMP: Jurnal Pendidikan dan MIPA Pancasakti.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Meika, I., Sujana, A., Arifiyanti, S. D., & Ramadina, I. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smk pada pembelajaran daring materi limit fungsi aljabar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 210-221. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5534

Mousa, N. (2014). The importance of learning styles in education. International journal of education, 1(2), 19-27.

Paridjo, M. (2018). Kemampuan komunikasi matematika mahasiswa dengan group investigation ditinjau dari aktivitas belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 79–96. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2338

Prayitno, S., Suwarsono, S., & Siswono, T. Y. E. (2013). Indentifikasi indikator kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berjenjang pada tiap-tiap jenjangnya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (73–81).

Rakhmawati, N. M., Paridjo, M., & Sholikhakh, R. A. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis melalui model reciprocal teaching pada materi kubus dan balok. JIPMAT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Rusgianto, M. S. (2012). Trigonometri. Yogyakarta: CV. Grafika Indah.

Rusman., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim., & Syahrum. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Cipta Pustaka.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d - mpkk. Bandung: CV Alfabeta.

Syarifah, T. J., Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis tertulis ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas xi mipa 1 sma batik 1 surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi UNS.

Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5947

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: