IMPLEMENTASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Indah Suciati, Wahyuni H. Mailili, Hajerina Hajerina

Sari


Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir kritis, analitis, logis, dan sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika. Sehingga salah satu cara yang dapat digunakan peserta didik untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan matematisnya melalui aplikasi Geogebra. Tujuan dari Systematic Literature Review ini ialah untuk memberikan deskripsi melalui analisis implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan meninjau 200 artikel yang terkait dengan penggunaan geogebra terhadap kemampuan matematis yang diterbitkan dalam kurun waktu 2014-2021 yang diterbitkan pada jurnal nasional maupun internasional yang dapat diakses dan diunduh pada database Google Scholar dan Perpusnas yang akhirnya digunakan sebanyak 43 literatur. Model interaktif dari Miles & Huberman digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa geogebra berpengaruh positif, efektif, dan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan matematis peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan matematis yang dapat ditingkatkan melalui aplikasi Geogebra antara lain: (1) kemampuan komunikasi matematis, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) kemampuan penalaran matematis, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (5) kemampuan koneksi matematis. Aplikasi Geogebra dapat pula dipadukan dengan berbagai model, pendekatan, dan teori belajar dalam pembelajaran matematika agar pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan menarik bagi peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media software geogebra terhadap kemampuan penalaran kreatif matematis siswa. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak dipublikasikan.

Andini, D., Mulyani, N., Wijaya, T. T., & Supriyati, D. N. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa menggunakan pendekatan pbl berbantuan geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 82-93.

Aulia, M. (2019). Penerapan model eliciting activities (meas) berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tidak dipublikasikan.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa smp dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79-87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558.

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan teori van hiele berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Prisma, 9(1), 47-56. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845.

Desniarti., & Ramadhani. (2019). Pengaruh geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata kuliah geometri analitik bidang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 4(1), 237-246. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.276.

Fahmi, A., Syahputra, E., & Rajagukguk, W. R. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra di kelas viii smp n 1 samudera. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 27-39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i3.8987.

Fauziyah, S., Ponoharjo., & Oktaviani, D. N. (2019). Pengaruh Model pembelajaran numbered head together berbantuan geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 2(2), 36-48.

Fitriana, Mawarsari, V. D., & Azis, A. (2017). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe pair check berbantuan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis materi trigonometri kelas x. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains, dan Teknologi, 7 Oktober 2017, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Intan., Runisah., & Gunadi, F. (2019). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan minat siswa terhadap gaya mengajar guru pada metode inkuiri. Prosiding Seminar Matematika dan Sains, 12 Agustus 2019, Universitas Wiralodra.

Irianto, M. S. Q., & Nur, A. S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tgt berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i1.1102.

Koyumah, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh model numbered head together berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 210-217.

Kustiawati, D. (2016). Pembelajaran geometri berbantuan software geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 113-120. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1237.

Lamsa, J., Hamalainen, R., Koskinen, P., Viiri, J., & Lampi, E. (2021). What do we do when we analyse the temporal aspects of computer-supported collaborative learning? a systematic literature review. Educational Research Review, 33, https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100387.

Lestari, L., Mulyono, & Syafari. (2019). The effect of reciprocal peer tutoring strategy assisted by geogebra on students’ mathematical communication ability reviewed from gender. Education Quarterly Reviews, 2(2), 292-298. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.61.

Mentari, A., Rahman, B., & Wijaya, S. (2020). Perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa smp melalui pembelajaran berbantuan puzzle dan geogebra ditinjau berdasarkan gender. Arithmetic: Academic Journal of Math, 2(1), 69-88. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1503.

Mubaid, A., Sutrisno., & Endahwuri, D. (2019). Efektifitas model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas xi smk antonius semarang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) 4, 20 Agustus 2019, Universitas PGRI.

Muliani, P. L., Sumandya, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran geogebra terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 330-339. https://doi.org/10.5281/zenodo.5637814.

Munaji., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249-262. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732.

Nazaruddin., Kartika, Y., & Novianti. (2020). Pengaruh pembelajaran master berbantuan software geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 7-11. https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.110.

Nopiyani, D., Turmudi., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati., Noviarni., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smk. JRPM: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Nurhayati, Meirista, E., & Suryani, D. R. (2019). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 74-82. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1174.

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa? Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349.

Parwati, N. M. Y. S., Suweken, G., & Sudiarta, I. G. P. (2021). Pengaruh pembelajaran tandur berbantuan mathlet geogebra terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan visual. Jurnal MathEdu: Mathematic Education Journal, 4(2), 145-154. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2469.

Pesona, R. I., & Yunianta, T. N. H. (2018). Deskripsi kemampuan matematika siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan level taksonomi solo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 99-109.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131.

Putri, N. R., Sabandar, J., & Sugandi, A. I. (2021). The development teaching materials on the area of triangles and quadrilaterals by using geogebra-assisted discovery learning method to improve mathematics understanding ability. JIML: Journal of Innovative Mathematics Learning, 4(3), 132-141. https://dx.doi.org/10.22460/jiml.v4i3.p132-141.

Rahmadi, A. Z., Sari, N. P., Juliana, S., & Rahman, B. (2015). Pembelajaran matematika menggunakan geogebra dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 14 November 2015, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rhamawati, W. F. (2019). Metaphorical thinking approach assisted geogebra to improve connection mathematical ability of junior high school students. Journal of Physics Conference Series, 1315(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012070.

Ridha, M. R., Gumilar, A. C., & Dwipriyoko, E. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah geometri transformasi berbantuan software geogebra. Jurnal Tiarsie, 17(3), 99-104. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i3.87.

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). The students’ mathematical understanding ability through scientific-assisted approach of geogebra software. Infinity, 7(2), 165-172. http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p165-172.

Rosyid, A., & Umbara, U. (2018). Implementasi model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa smp. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 84-89. http://doi.org/10.5281/zenodo.1405926.

Rusmini., & Daulay, D. S. H. (2019). Pengaruh metode pembelajaran problem-solving berbantuan software geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa smk swasta pab 12 saentis percut sei tuan. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 1 Juli 2019, STIKOM Tunas Bangsa.

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp. Journal on Education, 1(3), 411-416. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.182.

Savitri, M. D., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa. (2022). Pengaruh meas berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 243-255. http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9240.

Senjayawati, E., & Bernard, M. (2018). Penerapan model search-solve-create-share untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis berbantuan software geogebra 4.4. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 66-78.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model problem-based-learning (pbl) berbantuan geogebra di smp. Jurnal Prisma, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438.

Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas suryakancana. Jurnal Prisma, 6(2), 180-191. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212.

Septianingrum, R. A., Wahyuningsih, E. D., & Utami, W. B. (2019). Model pembelajaran two-stay two-stray berbantuan geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis. ES-MAT: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 5(2), 113-124. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.1860.

Siswanto, R. (2014). Peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan software geogebra (studi eksperimen di sman 1 cikulur kabupaten lebak propinsi banten). Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Suciati, I. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung pecahan siswa kelas v sdn pengawu. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 17-29. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/60.

Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics learning innovation during the covid-19 pandemic in indonesia: a systematic literature review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 886-895. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda. (2020). Efektivitas pembelajaran daring berbasis masalah berbantuan geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis di era covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993-1004. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133.

Suhendar, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran osborn parnes berbantuan animasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tidak dipublikasikan.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam pelajaran matematika. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-109. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Prisma, 9(1), 108-117. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929.

Sutrisno, Zuliyawati, N., & Setyawati, R. D. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan think pair share berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.930.

Togi., & Sagala, P. T. (2017). Penerapan model discovery learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas viii-3 smp n 1 binjai. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 1-14. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8911.

Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399.

Yuliardi, R., & Habibi, M. I. (2016). Implementasi pembelajaran berbasis komputer menggunakan software geogebra terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa smk di kota kuningan. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 201-211.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: