PROFIL GAYA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL VARK

Martyana Prihaswati, Eko Andy Purnomo

Sari


Berbagai model gaya belajar yang digunakan diantaranya Model Kolb, Fleming VAK, VARK, Honey dan Mumford, Indikator Tipe Myers–Briggs, Gregorc, Felder-Silverman. Setiap gaya belajar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Gaya belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Setiap mahasiswa mempunyai cara sendiri dalam menyerap materi yang disampaikan oleh dosen. Terdapat 4 gaya belajar mahasiswa diantaranya visual, auditori, reading dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya belajar mahasiswa prodi Pendidikan matematika berdasarkan model VARK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Matematika UNIMUS semester 2 sebanyak 42 mahasiswa. Triangulasi data dengan melakukan observasi, angket, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi: (1) sebanyak 43% menggunakan satu gaya belajar dan 57% menggunakan lebih dari satu gaya belajar; (2) pemetaan dominasi belajar mahasiswa sebanyak 67% menggunakan gaya belajar kinestetik, 16% reading, 12% auditori dan 5% visual; (3) terdapat 11 gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar tunggal sebanyak 3, kombinasi 2 gaya belajar sebanyak 3, kombinasi 3 gaya belajar sebanyak 4, dan kombinasi 4 gaya belajar sebanyak 1 gaya belajar. Berdasarkan kajian penelitian diketahui bahwa mahasiswa dapat menggunakan lebih dari satu gaya belajar. Berdasarkan hasil tersebut maka sebagai dosen harus dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengoptimalkan penggunaan gaya belajar dalam menempuh mata kuliah sehingga hasilnya lebih maksimal.Kata kunci: Auditori, gaya belajar VARK, kinestetik, reading, visual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, F., & Dien, C. A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui model pembelajaran visual auditory kinestetic (vak). Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Barry, M., & Egan, A. (2018). An adult learner’s learning style should inform but not limit educational choices. International Review of Education, 64(1), 31–42. https://doi.org/10.1007/s11159-017-9694-6.

Bosman, A., & Schulze, S. (2018). Learning style preferences and mathematics achievement of secondary school learners. South African Journal of Education, 38(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v38n1a1440.

Deborah, L. J. E. G. A. T. H. A., Sathiyaseelan, R., Audithan, S., & Vijayakumar, P. (2015). Fuzzy-logic-based learning style prediction in e-learning using web interface information. Sadhana-Academy Proceedings in Engineering Sciences, 40(2), 379–394. https://doi.org/10.1007/s12046-015-0334-1.

Delima, N., & Budianingsih, Y. (2020). Gaya belajar dan mathematics self-concept terhadap minat akademik mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3296.

El-Bishouty, M. M., Aldraiweesh, A., Alturki, U., Tortorella, R., Yang, J., Chang, T. W., Graf, S., & Kinshuk. (2019). Use of felder and silverman learning style model for online course design. Educational Technology Research and Development, 67(1), 161–177. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9634-6.

Habibah, N., Rahmawati, S., & Sayekti, A. (2019). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi mahasiswa generasi z di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(2), 7–18. https://doi.org/10.21009/pip.332.2.

Khanal, B., Panthi, R. K., Kshetree, M. P., Acharya, B. R., & Belbase, S. (2021). Mathematics learning strategies of high school students in Nepal. SN Social Sciences, 1(7), 1–28. https://doi.org/10.1007/s43545-021-00165-y

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Marković, S., & Jovanović, N. (2012). Learning style as a factor which affects the quality of e-learning. Artificial Intelligence Review, 38(4), 303–312. https://doi.org/10.1007/s10462-011-9253-7.

Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar v-a-k pada materi bangun ruang sisi datar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 295. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738.

Movchun, V., Lushkov, R., & Pronkin, N. (2021). Prediction of individual learning style in e-learning systems: opportunities and limitations in dental education. Education and Information Technologies, 26(3), 2523–2537. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10372-4.

Papadatou-Pastou, M., Touloumakos, A. K., Koutouveli, C., & Barrable, A. (2021). The learning styles neuromyth: when the same term means different things to different teachers. European Journal of Psychology of Education, 36(2), 511–531. https://doi.org/10.1007/s10212-020-00485-2.

Prasetyo, T. F., & Iqbal, M. (2016). Sistem pakar identifikasi gaya belajar mahasiswa berbasis web. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, November, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/776.

Rahman, S. R., & Firman. (2019). Identifikasi gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi universitas sulawesi barat. Jambura Edu Biosfer Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.34312/jebj.v1i1.2040.

Seyal, A. H., & Rahman, M. N. A. (2015). Understanding learning styles, attitudes and intentions in using e-learning system: evidence from brunei. World Journal of Education, 5(3), 61–72. https://doi.org/10.5430/wje.v5n3p61.

Sivanandan, P., Letchumanan, T., Ramayah, M., & Nasrijal, N. H. (2014). Learning style preferences: influence of cultural background among business students. Internationl Journal of Arts and Commerce, 3(5), 87–98.

Sukestiyarno, Y. L. (2020). Metode penelitian pendidikan (2nd ed.). Unnes Press.

Syoftan, H. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar universitas esa unggul. Eduscience, 1(2), 70–79.

Tambunan, H., Silitonga, M., & Sidabutar, U. B. (2021). Online and face-to-face composition in forming the professional competencies of technical teacher candidates with various learning style types. Education and Information Technologies, 26(2), 2017–2031. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10349-3.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial) universitas bung hatta. Jppm, 10(2), 128–132.

Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas vii smp negeri karang jaya kecamatan namlea kabupaten buru. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 84–104.

Weggelaar-Jansen, A. M., Van Wijngaarden, J., & Slaghuis, S. S. (2015). Do quality improvement collaboratives’ educational components match the dominant learning style preferences of the participants? Quality, performance, safety and outcomes. BMC Health Services Research, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12913-015-0915-z

Zahroh. (2014). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah fungsi bijektif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 72–81.

Zhang, H., Huang, T., Liu, S., Yin, H., Li, J., Yang, H., & Xia, Y. (2020). A learning style classification approach based on deep belief network for large-scale online education. Journal of Cloud Computing, 9(1). https://doi.org/10.1186/s13677-020-00165-y.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6064

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: