PENGEMBANGAN LKPD MATERI HIMPUNAN BERBASIS FILSAFAT UNTUK MENGETAHUI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII

Mela Dwi Istiqomah, Somakim Somakim

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik  valid dan praktis serta untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan lembar kerja peserta didik dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough, angket, observasi dan wawancara.Kevalidan lembar kerja peserta didik dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan bahasa yang termuat dalam lembar validasi pada tahap expert review serta berdasarkan komentar/saran dari hasil uji coba one to one.Kepraktisan lembar kerja peserta didik dapat diketahui bedasarkan perhitungan angket dan pengamatan pada tahap small grup serta melihat efek potensial berupa minat belajar siswa pada tahap field test.  Dari hasil lembar validasi expert diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,4% yang termasuk kriteria cukup valid dan dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata presentase 83,75% yang termasuk kriteria praktis.  Adapun hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat 45,45% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori sangat baik dan terdapat 54,55% peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, P. H. K. A. P. H. K., & Waspodo, W.T.S. (2019). Development of ipa student activities sheets (lks) based on process skills to increase learning outcomes in electrical materials in fifth grade of elementary school. International Journal of Educational Researchers, 10(2), 48-56.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Anggraeni, R., & Kadarisma, K. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp kelas vii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia, 4(2), 1072-1082.

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas vii smp/mts. Jurnal Cendekia, 5(1), 484-500.

Bellakualita, C. E. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal irisan dan gabungan himpunan pada siswa kelas vii smp kanisius pakem tahun ajaran 2017/2018.Skripsi. Yogyakarta: FKIP USD.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia, 3(2), 315-322.

Hendriana, H., Rohaeti, E. S., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills and soft skills matematika siswa. PT. Refika Aditama.

Ibrahim, M. E., Yang, Y., & Ndzi, D. (2017). Using ontology for personalised course recommendation applications. Disajikan dalam International Conference on Computational Science and Its Applications, 3-6 Juli 2017, University of Trieste Italy.

Ikma, A. D., & Nirwana, H. (2019). The relationship between students perceptions about the teaching method of physics teachers and student learning interests. NeoKonseling, 1(4), 1-8.

Jankvist, U. T., & Iversen, S. M. (2013). Whys and hows of using philosophy in mathematics education. Denmark: University of Southern Denmark.

Khairida. (2019). Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan minat belajar dan aspek kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 1(2), 114-124.

Mubin, F. (2020). Filsafat modern: ditinjau dari aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis. https://doi.org/10.31219/osf.io/x6hgq. Diakses pada 04 Juli 2021.

Ngazimah, A., & Zuchdi, D. (2020). Landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam kajian pendidikan karakter. Bahastra, 40(2), 167-173.

Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020) Permasalahan matematika aritmatika sosial dalam bentuk cerita: bagaimana deskripsi kesalahan-kesalahan jawaban siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 61-68.

Pranajaya, D., Nurhayati., & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa pada materi himpunan kelas vii smp negeri 8 singkawang. JERR, 3(2), 86-98.

Rahmawati., Titisari, K. H., & Pawenang. S. (2021). Learning interest, achievement motivation, learning style, and self-reliance of learning effect on student achievement at smp batik surakarta. International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research, 5(2), 1-11.

Refianti, R., Marisa, Z., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) menggunakan contextual teaching and learning (ctl) berbasis kota lubuklinggau. Judika Education, 2(2), 102-109.

Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa ma al fattah sumbermulyo. Utility, 1(1), 21-36.

Setiana, D. S. (2020). The role of ethnomathematics in welcoming the society 5.0. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019). Paris: Atlantis Press.

Silfitrah., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar siswa kelas vii smpn 4 sigi terhadap hasil belajar matematika. Guru Tua, 3(1), 53-60.

Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Jurnal Hipotenusa, 1(2), 38-45.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Udayani. I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model creative problem solving terhadap minat belajar matematika. JIPP, 4(2), 284-293.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta, 9(1), 89-110.

Yenni., & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 75-82.

Yulia, S., Buyung., & Relawati. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis problem based learning pada materi bilangan di kelas viii smp negeri 22 kota jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6600

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: