KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX TERHADAP MATERI PERSAMAAN KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Tri Melinia, Budi Mulyono

Sari


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan kuadrat. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP IT Madani Kayuagung. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, yaitu: mean (rata-rata) dan persentase. Selanjutnya, hasil tes tertulis yang diperoleh akan diperiksa sesuai pedoman penskoran. Skor yang diperoleh dikategorikan berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemudian, akan ditentukan persentase peserta didik berdasarkan kategori kemampuan pemahaman konsep matematis (Sangat tinggi, Tinggi, Cukup, Rendah, atau Sangat rendah). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Madani Kayuagung berada pada kategori Cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,88. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis masalah, persamaan kuadrat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Afridiani, T., & dkk. (2019). Pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Euclid, 7(1), 1-76,

Djaali, & Muldjono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Feti, K., & dkk. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi segiempat. Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51-68.

Hartati, S., Abdullaj, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemeceahan masalah. jurnal pendidikan matematika, 11(2), 41-59.

Howard, S. B., & Robyn, M. T,.(1980). Problem Based Learning An Approach to Medical Education. New York: Springer Publishing Company.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Lia, Y., Khomsatun, N., & Diar, V. R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat, 7(1), 39-45.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa, 7(1), 63-74.

Nasution, Z. M., Surya, E., & Manullang, M. (2017). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik dan motivasi belajar peserta didik yang diberi pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan pendidikan matematika realistik di SMP N 3 Tebing Tinggi. Paradikma, 10(1), 67-78.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Academies Press.

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. JELMaR: Journal of Education and Learning Mathematics Research, 1(1), 65-73.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh model PBL (Problem Based learning) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik. Journal Sainsmat, 1-14.

Reymond, S. N. (1985). Understanding Understanding. Chicago Journals, 234.

Savitri, K., Rizal, K., & Linawati. (2021). Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan kuadrat melalui penerapan model Problem Based Learning. Media Eksata, 17(1), 8-15.

Sayekti, Y. (2019). Pengaruh problem based learning dengan strategi "MURDER" terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Journal of Mathematics Education, 5(1), 24-32.

Suraji, & dkk. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 9-16 .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: