REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN IDE PENYELESAIAN SOAL TERBUKA

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Octavina Rizky Utami Putri

Sari


Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik masih perlu dilakukan untuk merencanakan perbaikan permbelajaran mengingat masih rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan representasi matematis peserta didik dalam menyampaikan gagasan pemecahan masalah terbuka pada materi Aljabar Linier dan Matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan kualitatif-kuantitatif. Penelitian diawali dengan mengamati pembelajaran dan menilai hasil belajar peserta didik. Langkah kedua dilakukan studi pustaka untuk mengumpulkan informasi terkait kemampuan yang dibutuhkan peserta didik dalam menyampaikan pemecahan masalah dan jenis pertanyaan terbuka. Setelah instrumen tes dinyatakan valid, diberikan dua pertanyaan kepada 144 peserta didik. Peserta didik mengumpulkan pekerjaannya melalui sistem manajemen pembelajaran. Hasil kerja peserta didik dianalisis dengan melakukan rekapitulasi indikator representasi matematis yang telah ditentukan dan indikator komunikasi matematis. Data kuantitatif diperoleh dari rekapitulasi indikator yang dipadukan dengan data kualitatif dari temuan/catatan hasil kerja peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik merepresentasikan simbol matematika dengan benar dalam menyampaikan ide pemecahan masalah terbuka untuk setiap soal. Sedangkan representasi matematis berupa penjelasan/alasan verbal secara benar dan memadai dalam menyampaikan ide pemecahan masalah hanya dapat dilakukan oleh 65% peserta didik pada pertanyaan pertama dan 5% peserta didik pada pertanyaan kedua. Representasi matematis yang kurang tepat disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi dan kesalahan dalam memahami soal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adilla, D. N., Zanthy, L. S., & Yuspriyati, D. N. (2020). Karakteristik kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 35-46. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3220

Ainin, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks dan kaitannya dengan motivasi belajar matematika pada kelas xi. Jurnal Euclid, 7(2), 137–147.

Emilia, H., Pratiwi, D., & Utomo, D. P. (2020). Representation of mathematics expression of civil engineering students in solving hots problems. Daya Matematis: Jumal lnovasi Pendidikan Marematika, 8(1), 91–105.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi representasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal pisa. Jurnal Pendidikan, 3(6), 603–607.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99.

Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika dengan penerapan mozart effect (studi eksperimen terhadap siswa sekolah menengah pertama). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 66–74. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954

Mainali, B. (2021). Representation in teaching and learning mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.46328/ijemst.1111

Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel (spldv). Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3256

Payadnya, I. P. A. A. (2019). Investigation of students’ mathematical reasoning ability in solving open-ended problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012016

Prabawanto, S. (2019). Enhancement of students ’ mathematical communication under metacognitive. Infinity Journal, 8(2), 117–128.

Purnama, L. I., & Afriansyah, A. E. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dan team quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 26–42.

Putri, O. R. U., & Zukhrufurrohmah. (2019). Pengembangan lembar kegiatan kalkulus bercirikan representasi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 362–373.

Ramziah, S. (2018). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas x2 sman 1 gedung meneng menggunakan bahan ajar matriks berbasis pendekatan saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269

Suesti, R. (2017). Pemanfaatan software microsoft mathematics dalam pembelajaran matriks. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2019). Deskripsi penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan barisan dan deret ditinjau dari kemampan awal. Mathematics Educatoin, 3(2), 111–118.

Tasya, N. R. R., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). Analisis kesalahan operasi hitung siswa smk pada materi matriks dengan pedekatan pembelajaran problem based learning. Jurnal Pendidikan Tembusai, 2(6), 1851–1853.

Triana, M., Zubainur, C. M., & Bahrun. (2019). Students’ mathematical communication ability through the brain-based learning approach using autograph. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 1–10.

Triwibowo., Pujiastuti, E., & Suparsih, A. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa melalui strategi trajectory learning. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 347–353.

Turşucu, S., Spandaw, J., & de Vries, M. J. (2020). Search for symbol sense behavior: students in upper secondary education solving algebraic physics problems. Research in Science Education, 50(5). https://doi.org/10.1007/s11165-018-9766-z

Yenni., & Sukmawati, R. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa berdasarkan motivasi belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262.

Yumiati., & Noviyanti, M. (2017). Abilities of reasoning and mathematics representation on guided inquiry learning. Journal of Education and Learning, 11(3), 283–290.

Yunisha, R., Charitas, R., Prahmana, I., & Sukmawati, K. I. (2016). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas vii smp. Journal Elemen, 2(2), 136–145.

Zukhrufurrohmah, & Putri, O. R. U. (2019). Rekognisi dalam merepresentasikan simbol turunan parsial sebagai metonymi dan metaphor. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(November), 214–226.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6739

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: