PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Nailis Sakinah, Benny Hendriana

Sari


Perkembangan media pembelajaran semakin lama semakin maju, dalam hal ini guru berlomba-lomba menciptakan media yang layak dan efektif sehingga pesan dan materi yang disampaikan dalam media pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Dalam penelitian ini menghasilkan media pembelajaran e-comic matematika dengan materi yang dikembangkan yaitu materi sistem persamaan linear dua variable. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran e-comic matematika ini telah melalui uji validasi untuk menentukan kevalidan media dan telah diuji cobakan ke dua sekolah yaitu SMP Plus Cahaya Insani Depok dan SMP Muhammadiyah Depok untuk menentukan kefektifan media. Dalam  uji validasi mendapatkan nilai 3,27 pada validasi materi, dan 3,84 pada validasi media yang keduanya mendapat kategori sangat baik. Hasil uji coba media pembelajaran mendaptkan rata-rata N-Gain 0,6 dengan kategori sedang, hasil resopon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan mendapatkan niliai rata-rata 6,35 dengan kategori sangat baik, serta hasil respon guru terhadap media pembelajaran e-comic mendapatkan nilai 3,77 dengan kategori sangat baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agathaa, N. D., Prihatinb, J., & Narulitac, E. (2017). Pengembangan buku komik pokok bahasan sistem peredaran darah. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 59-64.

Aggleton, J. (2019). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4), 393–409. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189

Nopitasari, D., & Juandi, D. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran matematika berbasis lingkungan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 156-162. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3307

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa mts kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Maulidah, N. M., Fachrudin, A. D., & Mubarokah, L. (2021). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis aplikasi android pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 75-83.

Nurhayati., Aswar., & Arifin, I. (2018). Komik sebagai media pembelajaran matematika. Imajinasi, 2(2), 75–84.

Nursyam, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mymath berbasis android pada materi sistem persamaan linear dua variabel smp/mtsn. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(2), 204. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.25384

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa arab). Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Prodjosantoso, A., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Rahma, F. I. (2019). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Septy, L., Hartono, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2015). Pengembangan media pembelajaran komik pada materi peluang di kelas viii. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 16–26.

Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa x ips man kota pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221

Trisiana, A., & Wartoyo. (2019). Desain pengembangan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui addie model untuk meningkatkan karakter mahasiswa di universitas slamet riyadi surakarta. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 313–330.

Atsani, KH. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6922

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: