DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING

Veda Fitaloka Pasha, Indrie Noor Aini

Sari


 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bentuk aljabar ditinjau dari self-regulated learning. Subjek dalam penelitian deskriptif kualitatif ini berjumlah 4 orang siswa SMP kelas VII di daerah Telagasari Karawang Jawa barat yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen utama ialah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang dipakai dalam penelitian ini adalah soal uraian yang berjumlah tiga soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jawaban siswa yang merujuk pada ketujuh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis serta melaksanakan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya siswa 1 dan 2  hanya mampu memenuhi tiga indikator yakni menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai untuk representasi matematis dan menggunakan, memanfaatkan, juga memilihkan prosedur ataupun operasi tertentu juga mengaplikasikan konsep ataupun algoritma pemecahan masalah sementara siswa 3 dan 4 hanya mampu memenuhi satu indikator yakni menyebutkan ulang sebuah konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis bentuk aljabar ditinjau dari self-regulated learning tergolong rendah. Hal itu dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang memperlihatkan bahwasanya ketiga siswa mempunyai kemampuan self-regulated learning yang rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


As’ari, A. R., & Tohir, M. (2017). Buku matematika kelas 7 SMP (semester 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Astuti, F. N., Yusmin, E., & Suratman, D. (2015). Analisis kesulitan pemahaman konseptual siswa dalam menyelesaikan soal pada materi peluang di MAN Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(10), 1–10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.11971

Aulia, F. (2020). Analysis of understanding concepts in learning mathematics. Researchgate.Net, May.

Dirgantoro, K. P. S., & Soesanto, R. H. (2021). Analysis of self-regulated learning of students in mathematics education study program in number theory course. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 39.

Huda, S., Firmansyah, M., Rinaldi, A., Suherman, S., Sugiharta, I., Astuti, D. W., Fatimah, O., & Prasetiyo, A. E. (2019). Understanding of mathematical concepts in the linear equation with two variables: impact of e-learning and blended learning using google classroom. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 261–270.

Kholidah, I. R., & Sujadi, A. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas v dalam menyelesaikan soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul tahun ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 428–431. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i3.2607

Mahayani, N. P. L., Astawa, I. W., & Suharta, I. G. P. (2021). Self-regulated learning model affects students’ mathematical conceptual understanding and self-confidence in terms of cognitive styles. Journal of Education Research and Evaluation, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jere.v5i1.30517

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berfikir kritis matematis siswa kelas v sekolah dasar melalui pembelajaran eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 1-11. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

Maumbu, S. M. (2010). Deskripsi pemahaman konsep bentuk aljabar dalam mind mapping siswa kelas vii SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo. Tidak dipublikasikan.

Mustofa, R. F., Nabiila, A., & Suharsono, S. (2019). Correlation of learning motivation with self regulated learning at SMA Negeri 1 Tasikmalaya city. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 647–650. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1750

Nugroho, A. A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2020). Self-regulated learning of prospective mathematics teachers with different learning styles. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 13(1), 81-103. 10.20414/BETAJTM.V13I1.344

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (CTL) dengan geogebra: dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349

Puspitasari., & Ratu, N. (2019). Deskripsi pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.431

Sumarmo, U. (2014). asesmen soft skill dan hard skill matematik siswa dalam kurikulum 2013, 1–30. Retrieved from https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-danhard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1).

Underwood, J., & Banyard, P. (2011). Self-regulated learning in technology enhanced learning environments in Europe. Self-regulated learning in Technology Enhanced Learning Environments. The Netherlands: Sense Publishers.

Utami, C., Anitra, R., & Moseki, U. R. (2020). Understanding of mathematical concepts and students’ self-regulated learning in RME learning assisted by PANDU. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 229-237. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v5i2.2045

Yerizon, Y., Farhani, F., Syarifuddin, H., & Tajudin, N. M. (2020). The effect of think pair check model on students understanding of mathematical concepts in terms of cognitive style. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 1–12.

Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil. (2016). Self regulated learning siswa dilihat dari hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 98–102. https://doi.org/10.29210/12016240

Zamnah, L. N. (2019). Analisis self-regulated learning yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem-centered learning dengan hands-on activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 56-63. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3495




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7217

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: