KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI HIMPUNAN

Laras Mawar Sari, Sutirna Sutirna

Sari


Kemampuan representasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik SMP pada materi himpunan, yang meliputi representasi verbal, representasi gambar, dan representasi simbolik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Nihayatul Amal Rawamerta Kabupaten Karawang, sebanyak 17 peserta didik dengan berbagai tingkat kemampuan representasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan representasi matematis sebanyak 3 soal materi himpunan, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 1 peserta didik atau sebesar 6% yang berkemampuan tinggi, terdapat 10 peserta didik atau sebesar 59% berkemampuan sedang, serta 6 peserta didik atau sebesar 35% berkemampuan rendah, kategori tersebut membuktikan bahwa belum semua indikator kemampuan representasi matematis peserta didik tercapai dengan baik, dimana peserta didik yang berkemampuan tinggi sudah memenuhi semua indikator representasi matematis tetapi masih ada sedikit kesalahan bahasa, yang berkemampuan sedang terdapat beberapa kesalahan dari semua indikator, sedangkan peserta didik yang berkemampuan rendah rata-rata tidak menjawab soal tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Z., & Hidayani. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP kelas viii dalam menyelesaikan soal lingkaran. Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 71–79. https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i2.1162%0D

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, R., & Siroj, R. (2017). Analisis kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 512–521.

Chen, M. J., Lee, C. Y., & Hsu, W. C. (2015). Influence of mathematical representation and mathematics self-efficacy on the learning effectiveness of fifth graders in pattern reasoning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 13(1), 1–16. http://ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/277

Damayanti., & Firmansyah, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan representasi matematis menurut tahapan kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 23, 37–50.

Daniati, I., Walida, S. E., & Ilmi, Y. I. N. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada pokok bahasan himpunan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(25), 88–99. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13865/0

Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 46–62. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10661

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Role of self-efficacy toward students’ achievement in mathematical multiple representation ability (MMRA). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v6i1.174

Hadi, S. (2018). Representasi matematis pemahaman geometri siswa MI. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.47

Handayani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 142–149. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.20

Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The analysis of students’ mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 20(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Maulyda, M. A., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Representation of trigonometry graph funcsion colage students using GeoGebra. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 193–196. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawat, H., & Yulianto, E. (2021). Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 222–233. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6054

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM. [Online]. Tersedia: https://en.calameo.com/books/0006786711df6b77d3cd0 [19 Desember 2021].

Nazarullah. (2016). Meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open ended pada kelas VII SMP Bandar Baru. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Nugraha, D. A. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan program Geometer’s Sketchpad untuk meningkatkan kemampuan representasi multipel matematis siswa. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.545

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Saputri, M. D., & Masduki. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal materi himpunan pada siswa kelas vii SMP Negeri 2 Baki. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(5), 1–8.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Taher, M., Hamidah, I., & Suwarma, I. R. (2017). Profile of students’ mental model change on law concepts archimedes as Impact of multi-representation approach. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012101

Utami, C. T. P., Mardiyana., & Triyanto. (2019). Profile of students’ mathematical representation ability in solving geometry problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012123

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: a case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.

Widakdo, W. A. (2017). Mathematical representation ability by using project based learning on the topic of statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012055

Yusepa, B. G. P., Kusumah, Y. S., & Kartasasmita, B. G. (2018). The enhancement of students’ mathematical representation in junior high school using cognitive apprenticeship instruction (CAI). Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012100

Zhe, L. (2012). Survey of primary students’ mathematical representation status and study on the teaching model of mathematical representation. Journal of Mathematics Education, 5(1), 63–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: