KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PASCA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Fatikhah Az Zahra, Dori Lukman Hakim

Sari


Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar bagi sektor Pendidikan yakni diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Terbarukannya sebuah sistem tentu saja menimbulkan banyak kendala dan kekurangan yang bahkan dapat memberikan efek panjang hingga pandemi usai termasuk kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa ketika menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pasca pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini merupakan 15 siswa kelas X di salah satu SMA di Telukjambe Timur. Hasil jawaban siswa akan diakumulasikan dan dianalisis berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, peneliti menggunakan instrumen tes uraian sebanyak 5 soal. Artikel ini dikaji secara deskriptif dengan metode kualitatif. Aspek kemampuan berpikir kritis diukur berdasarkan bagaimana siswa mampu (1) menginterpretasikan dugaan (2) mengevaluasi, (3) menyelesaikan permasalahan, serta (4) menyimpulkan. Teknis analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil perhitungan memperlihatkan jika kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori tinggi memperoleh persentase 20% sebanyak 2 siswa, kategori sedang memperoleh persentase 50% sebanyak 11 siswa dan kategori rendah memperoleh persentase 20% sebanyak 2 siswa. Sedangkan, jika ditinjau berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa, diantaranya interpretasi sebesar 61,66% dengan kategori baik, analisis sebesar 72,9% dengan kategori baik, evaluasi sebesar 74,16% dengan kategori baik, dan inferensi sebesar 20,41% dengan kategori kurang. Oleh karena itu, berdasarkan hasil kumulatif perhitungan sehingga dapat diketaui jika kemampuan berpikir kritis siswa masih relatif sedang dengan persentase 57,29% dan pada indikator inferensi dengan kategori kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akyüz, H. I., & Samsa, S. (2009). The effects of blended learning environment on the critical thinking skills of students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1744–1748. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.308

Alhamami, M. (2018). Beliefs about and intention to learn a foreign language in face-to-face and online settings. Computer Assisted Language Learning, 31(1-2), 90-113. 10.1080/09588221.2017.1387154

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Booker, G., & Windsor, W. (2010). Developing algebraic thinking: using problem-solving to build from number and geometry in the primary school to the ideas that underpin algebra in high school and beyond. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8(5), 411–419. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.057.

Demirhan, E., & Köklükaya, A. N. (2014). The critical thinking dispositions of prospective science teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116(2006), 1551–1555. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.433.

Ennis, R. H. (1991). Critical thinking skills. New Jersey: Printice-Hall Inc. 4(1), 15–24.

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking dispositions their nature and assessability. United States of America; The New York Times Compans.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: what it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academy Press.

Hafizuddin-Syah, B. A. M., Shahida, S., & Fuad, S. H. (2018). Sustainability certifications and financial profitability: An analysis on palm oil companies in Malaysia. Jurnal Pengurusan, 54(2018), 143-154. 10.17576/pengurusan-2018-54-12

Hakim, D. L. (2017). Penerapan permainan saldermath algebra dalam pelajaran matematika siswa kelas vii smp di karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 276, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kalmar, E., Aarts, T., Bosman, E., Ford, C., de Kluijver, L., Beets, J., Veldkamp, L., Timmers, P., Besseling, D., Koopman, J., Fan, C., Berrevoets, E., Trotsenburg, M., Maton, L., van Remundt, J., Sari, E., Omar, L.-W., Beinema, E., Winkel, R., & van der Sanden, M. (2022). The covid-19 paradox of online collaborative education: when you cannot physically meet, you need more social interactions. Heliyon, e08823. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08823

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169-175. 10.25157/teorema.v5i2.3504

Lukman Hakim, D. (2014). Efforts to improve student learning ourcomes by using cooperative learning type of student teams achievement division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Yogyakarta State University.

Maesaroh, S. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP). Pendidikan Matematika, 3(7). http://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/

NCTM. (2000). Principles and standard for school mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, lnc.

Norris, S.P. (1985). Synthesis of research on critical thinking. Educational Leadership, 42, 40-45.

Pithers, R. T. & Soden, R. (2000). Critical thinking in education: 42(3). https://doi.org/10.1080/001318800440579

Sumarmo, Utari. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik (eksperimen terhadap siswa sma menggungakan pembelajaran berbasis masalah dan stategi think-talk-write). Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1). 17-33. http://fpmipa.upi.edu/journal/v1/index.php/jpmipa/article/viewFile/228/14 3

Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Pemetaan hasil ujian nasional matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v6i1.38

Sunardi. (2014). Efektifitas pembelajaran matematika dengan model kooperatif team accelerated instruction berbantuan cd interaktif materi bangun ruang sisi datar kelas VII. Jurnal Edukasi 1-6.

Wilson, Kate. (2016). Critical reading, critical thinking: delicate scaffolding in english for academic purposes (EAP). Thinking Skills and Creativity, 22, 205–214. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran daring pada materi segi empat. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: