Optimalisasi Pelayanan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan di RSUD Ciamis

Tita Rohita, Dedeng Nurkholik Sidik Permana

Abstract

Rumah Sakit mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan secara menyeluruh dan selalu berupaya semaksimal mungkin  untuk meningkatkan  kepuasan pasien. Dalam situasi seperti ini,patient centered care merupakan salah satu proses keperawatan yang merupakan suatu strategi keperawatan  yang sangat efektif khususnya dalam  meningkatkan komunikasi antar staf keperawatan mengenai interaksi antar perawat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengoptimalkan pelayanan perawatan terhadap pasien. Layanan tersebut akan diberikan kepada  perawat di bangsal Hassan Sobari di RSUD Siamis. Metode pelayanan dilakukan dalam tiga tahap. Diskusi kelompok terfokus dengan perawat untuk mengidentifikasi permasalahan, hasil FGD menunjukkan bahwa ronde keperawatan belum dilakukan secara maksimal, melakukan pre dan post test, serta memberikan dokumentasi. Pada fase Nursing Round ke 3 terkait implementasi, kami akan melakukan role play untuk melaksanakan Nursing Round di dalam ruangan. Materi yang akan dikirimkan antara lain brosur dan informasi. Hasil setelah menyelesaikan pengabdian  masyarakat menunjukkan bahwa pengetahuan perawat dalam menyelesaikan putaran meningkat, mayoritas menyatakan “kurang baik” dan mayoritas menyatakan “baik”. Setelah melaksanakan ronde keperawatan, kepuasan pasien meningkat hingga 90%. Putaran keperawatan harus dilakukan secara teratur untuk menyelesaikan masalah perawatan pasien. Hal ini memerlukan keterlibatan pasien, diskusi, dan implementasi perawatan.

Keywords

Ronde Keperawatan; Asuhan keperawatan

Full Text:

PDF

References

Aitken, L. M. , B. E. , C. S. , D. C. , & G. G. (2011). The impact of nursing rounds on the practice environment and nurse satifaction in intensive care : pre-test post-test comparative study. International Journal of Nursing Studies , 48 918-925.

Huber, D. L. (2017). Leadership and nursing care management-e-book (Sixth). https://doi.org/Elsevier Health Sciences.

Masters, K. (2020). Role development in Professional Nursing Practice (5th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Moi, M. F. , N. N. , & A. C. P. (2019). Factors Affecting the Implementation of Nursing Round. Fundamental and Management Nursing Journal, 2(1), 35–44. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/FMNJ%0AOriginal.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi: Praktik Keperawatan Propesional. . Salemba Medika.

Rohita. (2017). ronde. Dunia Keperawatan, Volume 5(Nomor 1).

Simamora, R. H. , B. E. , P. J. M. , & S. J. (2020). Penguatan kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan melalui pelatihan ronde keperawatan di rumah sakit royal prima medan. 23(2).

Simamora, R. H., Bukit, E., Purba, J. M., & Siahaan, J. (n.d.). PENGUATAN KINERJA PERAWAT DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI PELATIHAN RONDE KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT ROYAL PRIMA MEDAN. 23(2).

Weiss, S. A. , T. R. M. , & G. K. A. (2019). Essentials of nursing leadership & management (7th ed.).

Yang SH, J. K. P. H. (2015). Effect of clinical nurse’s intentional nursing rounds on patient needs and satisfaction. J Health Inf Stat. ;40(1):87e101. Korea.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.