PENGGUNAAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DAN MEDIA BERBASIS TEKS SERTA VISUAL TERHADAP SISWA YANG BERBAHASA DAERAH

Seriana Seriana, Nurdiana Nurdiana

Abstract


Siswa yang terbiasa menggunakan bahasa daerah sering kurang antusias jika guru yang mengajar hanya menggunakan bahasa Indonesia. Siswa tersebut dapat membuat keadaan kelas menjadi tidak kondusif. Akibatnya kegiatan belajar mengajar tidak terlaksana dengan baik. Untuk itu diperlukan perubahan dalam model ataupun media pembelajaran yang mampu menarik siswa dalam keterkaitan pengunaan bahasa Indonesia dengan baik di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berbasis Experiential Learning, media pembelajaran yang menggunakan media berbasis teks dan media visual. Kemudian, beberapa cara untuk menarik perhatian siswa pada media berbasis teks tersebut adalah penggunaan warna, huruf dan kotak yang bervariasi, sedangkan media visual dapat menggunakan gambar. Penggunaan model Experiential Learning dan media pembelajaran berbasis teks serta media visual cukup efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia di dalam kelas. Selain itu siswa dapat secara aktif berkarya.

Keywords


Experiential Learning, media berbasis teks ; media visual; bahasa daerah.

Full Text:

PDF

References


Ap, Roya. 2014. Eksistensi Bahasa Daerah. Online http://royaap.blog.ugm.ac.id/2014/12/02/eksistensi-bahasa-daerah/ diakses 2 Januari 2023.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dwiajisapto. 2011. Online http://dwiajisapto.blogspot.com/2011/02/pengaruh-bahasa-daerah-dan-bahasa-asing.html diakses 2 Januari 2023..

Kolb, D.A. 2015. The Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, 2nd Edition. New Jersey: Pearson FT Press

Simons, Gary F. & Charles D. Fennig. 2017. Ethnologue: Languages of the World, wentieth edition. Dallas, exas: SIL International. Versi online: https://www.ethnologue.com/country/ID, diakses 2 Januari 2023.

Sumiati, Dra, & Asra M.Ed. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

-----------------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/eksperiental learning.Diakses 2 Januari 2023

----------,Kamus Besar Bahasa Indonesia.[online].Tersedia di kbbi.kemendikbud.go.id/entri/majalah dinding. Diakses 2 Januari 2023

Moleong, L.J (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Puspitasar, T., & Devi, A. (2019). Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1(1), 465–470.

Saputra, H. (2018). Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah Besemah Sebagai Bagian Pelestarian Kearifan Lokal. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 16(1), 88–99. https://doi.org/10.26499/mm.v16i1.2275

Triyono. U., dan Mufarohah (2018). Bunga Rampai Pendidikan. Yogyakarta: Cv Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.10221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.