PENINGKATAN KUALITAS MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS 10 SMA PANGERAN ANTASARI DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE

Asmidar Pane, Zamiah Zamiah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memaparkan cara peningkatan kualitas menulis teks laporan hasil observasi kelas 10 SMA PANGERAN ANTASARI.Hal ini didasari pada pembelajaran pada kurikulum 2013 semua materi berbasis teks.Selain itu tulisan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru bahasa Indonesia untuk senantiasa mencoba berbagai metode pembelajaran koomperatif dan menyenangkan. Dengan demikian, pelajaran bahasa Indonesia dapat dikuasi peserta didik dengan baik, terutama kualitas menulis berbagai teks. Penulisan artikel ini menggunakan model deskriptif. untuk memamparkan bagaimana implementasi peningkatan kualitas menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMA SWASTA PANGERAN ANTASARI. dengan metode “Think-Pair-Share”. Dalam tulisan ini dipaparkan cara pelaksanaan, hambatan, dan keberhasilan penerapan metode “Think-Pair-Share” dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di kelas X. Hasil dari implementasi tersebut meliputi meningkatnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan meningkatnya kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, kualitas hasil belajar juga meningkat.Peningkatan tersebut meliputi: (a) meningkatnya kepuasan dan kebanggaan pada diri peserta didik, (b) meningkatnya kompetensi peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi terutama peningkatan penguasaan kebahasaan (diksi dan struktur kalimat). Selain itu, peserta didik mengalami peningkatan dalam hal karakter, yaitu timbulnya rasa penghargaan terhadap teman, karya orang lain, dan penghargaan akan ilmu pengetahuan.

Keywords


menulis teks laporan hasil observasi, metode think-pair-share

Full Text:

PDF

References


Asma, N. (2006) Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Dryden, G. and Vos, J. (2000) Revolusi Cara Belajar : The Learning Revolution. Bandung: Kaifa.

Enre, F.A. (1988) Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Gie, T.L. (1995) Pengantar Dunia Karang-Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Kemendikbud (2007) PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2010) Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putri, A.L., Yulistio, D. and Utomo, P. (2021) ‘Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma’, Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), pp. 45–51. Available at: https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449.

Sri, J. (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair- Share dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Godean. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, A. (2019) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryanita, N.M.A., Suryadi, M. and Suditha, I.N. (2013) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X A SMA NEGERI 1 BEBANDEM, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Oleh’, Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 53(9), pp. 1689–1699.

Tarigan, H.G. (2008) Menulis sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, T. and Mulyani (2019) ‘Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Segitiga di MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019’, Jurnal Hipotenusa, 1(1), pp. 33–39. Available at: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6377/.

Wanngai, F.F.I. and Doi, M. (2019) ‘KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DAN THINK-PAIR-SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI’, Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), pp. 294–308.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.