MEMBANGUN KARAKTER MELALUI KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS XI SMA N 3 MEDAN

Lesnaria Girsang, Kristiawan Indriyanto, Dame Uli Eva Christina Aritonang, Mayang Savira, Natalia Simarmata

Abstract


Dewasa ini, kemerosotan dalam kebahasaan terutama dalam aspek kesopanan menjadi sebuah permasalahan yang harus diselesaikan oleh tenaga pendidik dan pengajar, terutama di tingkat sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembentukan kesantunan berbahasa, baik kesantunan antar murid maupun kesantunan berbahasa murid terhadap pendidik. Fokus penelitian ini adalah pembentukan karakter siswa yang dapat ditinjau melalui kesantunan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah murid dan pendidik di kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, survei, dan rekaman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa membangun karakter murid melalui kesantunan berbahasa sangat penting sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya insan yang cerdas, berbudaya, kompetitif, inovatif serta peduli lingkungan sesuai dengan profil pelajar pancasila berlandaskan iman dan taqwa.    

Keywords


kesantunan berbahasa ; karakter ; pendidikan Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abidin, N.S., Muhammadiah, M. and Hamsiah, A. (2021) ‘Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas 5 SD Di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar’, Bosowa Journal of Education, 1(2), pp. 81–86. Available at: https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.655.

Ahsanulkhaq, M. (2019) ‘Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan’, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), pp. 21–33. Available at: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.

Amaruddin, H., Atmaja, H.T. and Khafid, M. (2020) ‘Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), pp. 33–48. Available at: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588.

Andianto, M.R. et al. (2020) ‘Pembelajaran Kesantunan Berbahasa’, Alinea: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran, 9(1), pp. 23–36.

Failasufa, F., Haryadi and Nuryatin, A. (2022) ‘Problematika Bahasa Indonesia yang Kurang Diminati oleh Peserta Didik’, Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusasteraan Indonesi, 6(2), pp. 539–544.

Khotimah, K. and Hidayat, N. (2021) ‘Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Santun Berbahasa’, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), p. 601. Available at: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.6198.

Kusumawati, H. (2019) ‘Penggunaan Bahasa Alay di Ruang Publik’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(2), p. 85. Available at: https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21272.

Nurhayati, D. and Hendaryan, R. (2017) ‘Kesantunan berbahasa pada tuturan siswa SMP’, Jurnal Literasi, 1(2), pp. 1–8.

Nurjamily, W.O. (2015) ‘Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik)’, Humanika, 3(15), pp. 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.10235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.