PERENCANAAN DAN PEMBINAAN BAHASA PADA AKUN TWITTER @IVANLANIN

Nadhila Zahra Rahmahwati, Salma Fairuz Hasanah

Abstract


Era digital seperti saat ini, masyarakat menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran dan pembinaan. Banyaknya informasi yang berkembang di media sosial dapat membantu pelajar dan mahasiswa dalam belajar. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah twitter. Pengguna twitter yang menyediakan informasi serta pembinaan dalam hal kebahasaan salah satunya adalah Ivan Lanin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berbentuk kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konten yang diunggah di akun twitter @ivanlanin sebagai sarana perencanaan dan pembinaan bahasa. Adapun sumber data penelitian ini adalah akun twitter @ivanlanin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memilih konten-konten kebahasaan yang diunggah Ivan Lanin, membaca isi dari konten-konten yang dipilih, kemudian di screenshoot, dan konten-konten tersebut dianalisis ke dalam perencanaan dan pembinaan bahasa. Hasil penelitian ini yaitu menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan dan pembinaan bahasa yang dilakukan oleh Ivan Lanin melalui konten yang diunggah pada akun twitter.

Keywords


perencanaan dan pembinaan bahasa, twitter, media sosial, Ivan Lanin

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi pertama. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Depok.

Br.Ginting, Lisa Septia Dewi. 2021. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia: “Masihkah Kita Mencintai dan Bangga dengan Bahasa kita Bahasa Indonesia?”. Bogor. Guepedia.

Faldiansyah, I. M. A., Pebriyani, F., Maspuroh, U. 2023. Kuis kata Baku dan Padanan Istilah sebagai Sarana Inovatif dalam Pembinaan Bahasa Indonesia pada Akun Media Sosial Instagram @07_Karang_Taruna. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(7): 211.

Fauzi, M. R., Aida, N. N., Jannanti, N. P. 2023. Upaya Pembinaan Bahasa oleh Akun Instagram @narabahasa. Bahtera Indonesia: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1): 195.

Hasanah, N., dan E. Syaputra. 2022. Media Sosial Sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 (Di Era Digital). Jurnal Multidisiplin Dehasen. 1(3): 109-112.

Ibrahim, G. A. dan Mayani, L. A. 2018. Perencanaan Bahasa di Indonesia Berbasis Triglosia. Jurnal Linguistik Indonesia. 36(2): 107-108.

Kridalaksana, H. 2022. Perencanaan Bahasa Indonesia. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Maspuroh, U., L. Dewi., dan R. Putri. 2022. Analisis Konten Kebahasaan pada Media Sosial Instagram @akubahasa.id Sebagai Sarana Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia di Era Digital. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 7(11): 16515-16526.

Maspuroh, U., N. K. Putri., dan A. N. Putri. 2023. Analisis Peran Bahasa Jurnalistik pada Media Massa Kompas.Com Sebagai Upaya Pembinaan Bahasa Indonesia Bagi Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(2): 2115-2123.

Murdiyanto, E. 2020. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Edisi 1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press. Yogyakarta.

Muslich, M. dan I. G. N Oka. 2010. Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Ridlo, M., Amalia, R. M., Rahmatunnisa, M. 2019. Situasi Bahasa sebagai Alat untuk Perencanaan Bahasa Nasional. Jurnal Responsive. 1(3): 88.

Rosdiana, L. A., D. Sunendar., V. S. Damaianti. 2021. Perencanaan Bahasa Indonesia pada Setiap Jenjang Pendidikan Berbasis Kurikulum 2013: Implementasi dan Tantangannya. Jurnal Semantik. 10(2): 135-146.

Sari, A., Rosiana, A. F., Maspuroh, U. 2023. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Artikel Opini Media Sosial Sindonews.com sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia. Bahtera Indonesia: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1): 166.

Sudaryanto., Hermanto., Gustiani, E. I. 2019. Media Sosial sebagai Sarana Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. Kode: Jurnal Bahasa. 8(4): 62.

Sudaryanto, dkk. 2019. Teori Perencanaan Bahasa Lauder & Lauder dan Aplikasinya dalam Konteks Bahasa Indonesia. Diglosia- Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia. 3(2): 66-75.

Sutrisna, D. 2022. Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Inovasi Pembinaan Bahasa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA. 16, Desember 2022, Majalengka, Indonesia. Hal. 496-507.

Syafutri, H. D., Pratama, M. A., Ningsih, N. P. 2022. Peran Media Sosial sebagai Sarana Pembinaan Bahasa Indonesia pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Edukasi. 5(1): 26.

Syaidah, Nursalam, dan I. Amir. 2023. Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa sesuai EYD pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IAIN Ambon: Kajian Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(1): 220-230.

Winata, N. T. 2021. Pembinaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Dikalangan Mahasiswa di Era Milenial melalui Media Sosial. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2): 267-275.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.