PILIHAN KATA TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP

Risma Saputri, Markhamah Markhamah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pilihan kata standar dari teks deskriptif yang ditulis oleh siswa dan menganalisis kesalahan pilihan kata dan pengaruhnya terhadap kejelasan kalimat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode simak. Analisis data dikumpulkan dengan menggunakan teknik markah atau penandaan yaitu membaca dan kemudian menandai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks deskriptif adalah tulisan yang bertujuan untuk menyajikan perincian atau detail tentang suatu objek sedemikian rupa sehingga dapat mempengaruhi kepekaan dan imajinasi pembaca atau pendengar seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek secara langsung. Pilihan kata atau diksi sangat penting saat menulis teks deskriptif. Pilihan kata yang baik membuat teks menjadi indah dan menarik. Selain itu, pemilihan kata juga mempengaruhi kejelasan kalimat. Oleh karena itu, pemilihan kata saat menulis teks deskriptif sangat diperlukan agar tulisan tersebut sampai kepada pembaca dengan tepat.

Keywords


Teks deskripsi, Pilihan kata, Kesalahan

Full Text:

PDF

References


Amaniarsih, D. S., Asrul, N., & Sihite, M. R. (2020). Improving Students’writing Skill Of Descriptive Paragraph Through Mind Mapping Method. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 8(2).

Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.

Astuti, D., & Pramesti, U. D. (2019). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 67-77.

Bailey, D., & Lee, A. R. (2020). An Exploratory Study of Grammarly in the Language Learning Context: An Analysis of Test-Based, Textbook-Based and Facebook Corpora. TESOL International Journal, 15(2), 4-27.

Devi, N. (2021). An Analysis Of Lexical Error In The Descriptive Text Writing (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sarumaha, P. S. (2022). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Fanayama Tahun Pembelajaran 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 276-285.

Fitria, T. N. (2020). Error analysis found in students’ writing composition in simple past tense of recount text. ENGLISH FRANCA: Academic Journal of English Language and Education, 4(2), 141-160.

Fitria, T. N. (2021). Grammarly as AI-powered English writing assistant: Students’ alternative for writing English. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 5(1), 65-78.

Fitria, T. N. (2021). 'Grammarly'as A Teachers'alternative In Evaluating Non-Efl Students Writings. LEKSEMA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(2), 141-152.

Ginting, R. L., Theresia, S. A., Ndruru, M., & Rahmawati, R. (2020). An Analysis of Students Ability in Applying Adjective Order In Descriptive Text. English Education Journal, 11(1), 117-130.

Hapsari, E. W. (2020). Error analysis in writing descriptive text of pre-service English teachers at Kutai Kartanegara University. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-12.

Hasanah, N., & Habibullah, M. (2020). The Analysis of Subject-Verb Agreement Errors on Students’ Writing Descriptive Text. PANYONARA: Journal of English Education, 2(2), 109-124.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1-9.

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1-22.

Jayanti, A. D. (2019). Students’ writing ability on english descriptive text at grade viii in smpn 33 padang. ENGLISH FRANCA: Academic Journal of English Language and Education, 3(1), 72-94.

Noveria, E., & Neli, E. S. (2021). Analisis Struktur, Isi, dan Diksi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(4), 23-31.

Octafia, Y. (2020). The influence of reading interest on students’s descriptive writing skill at vocational schools in Bogor. Humanika: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, Dan Humaniora, 3(1), 20-28.

Octarini, D., & Noveria, E. (2023). Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kerinci. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 138-152.

Purba, R., Thao, N. V., & Purba, A. (2020). Using Genre-Based Approach to Overcome Students' Difficulties in Writing. Journal of Education and e-Learning Research, 7(4), 464-470.

Purbania, B., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Basastra, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 63-73.

Purwaningsih, Y. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Mts Islamiyah Blora. EDUTAMA.

Rahmawati, L. E., Asnafia, N., Kusmanto, H., Nasucha, Y., & Ngalim, A. (2020). Language errors related to syntax in the writing of explanatory text by eleventh grade students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11 (4), 192, 204.

Suryati, S. (2020). Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. EDU-KATA, 6(1), 1-10.

Tenesia, T., & Thamsin, A. C. (2019). Diksi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 202-213.

Triastuti, W. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi siswa kelas vii a smp muhammadiyah piyungan tahun ajaran 2017/2018. Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta.

Wahidah, R. N., & Pratiwi, D. R. (2021, September). Bentuk dan Ciri Diktis Ketidaktepatan Kata dalam Teks Eksposisi Karangan Siswa. In Seminar Nasional SAGA# 4 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 3, No. 1, pp. 19-30).

Yulianeta, Y., & Amandangi, D. P. (2021). Learning to Write Descriptive Texts Based on Batik Culture of BIPA Students at the Indonesian Embassy in London. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 11(1), 29-40.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.