KONFLIK PSIKOLOGIS TERHADAP TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “REPRESI” KARYA FAKHRISINA AMALIA : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Ika Ika Sartika, Muhammad Rapi, Suarni Syam Saguni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik psikologis terhadap tokoh utama dalam novel Represikarya Fakhrisina Amalia menggunakan kajian psikologi Abraham Maslow. Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi. Sumber data novel Represi karya Fakhrisina Amalia yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Data berupa kata atau kalimat yang menunjukkan konflik tokoh utama dalam novel Represi karya Fakhrisina Amalia. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka meliputi teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik mencatat. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada banyak konflik yang terdapat dalam novel “Represi” karya Fakhrisina Amalia berupa adanya pilihan semata mata, konflik pilihan antara dua jalan menuju ke tujuan yang sama meliputi tokoh Anna diberi pilihan antara jurusan desain komunikasi visual atau farmasi yang merupakan keduanya sama sama mempunyai tujuan yang sama yaitu pendidikan, konflik- konflik yang menakutkan meliputi tokoh Anna harus memilih antara Sky atau sahabatnya, keputusan itu menyebabkan harus melepas atau menjauhi salah satunya. Konflik-konflik yang merupakan bencana besar meliputi tokoh Anna berniat melakukan bunuh diri, pelecehan dan membenci dirinya sendiri dalam hal ini merupakan suatu masalah yang besar karena ingin melakukan bunuh diri, dan konflik selanjutnya konflik dan ancaman meliputi tokoh Anna yang dilecehkan oleh Mas Bayu dan mengancamnya Anna untuk tidak menceritakan kepada orang lain.Kata Kunci: Novel, Konflik, Psikologi Abraham Maslow. 

Full Text:

PDF Untitled

References


Amalia Fakhrisina. 2018. Represi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

‘Adziima, M. F. (2022). Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Tana Mana, 2(2), 86–93. 1

Gani, A. N., Tang, M. R., & Sultan. (2022). Potret Kebutuhan Tokoh Karman Dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari ( Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow ). NEOLOGIA: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1.

Izaty, F. (2019). Analisis Perilaku Tokoh Utama Dalam Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Senasbasa, 3(2), 363–370.

Melati, T. S., Warisma, P., Ismayani, M., & Siliwangi, I. (2019). Analisi Konflik Tokoh Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 229–238.

Mudore, S. B., & Alliana, H. (2020). Hirarki Kebutuhan Tokoh Khalil dalam Cerpen “As-Sabiyy al-A’raj” karya Taufiq Yusuf ’Awwād (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow)/The Hierarchy of Needs …. Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 6(2).

Nuryanti, M., & Sobari, T. (2019). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori. Parole Juarnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 501–506.

Pertiwi, M., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2020). Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga dalam Film “Dua Garis Biru.” Jurnal Audiens, 1(1), 1–8.

Santosa, P. (2015). Metodelogi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan (Issue July).

Sari, A., & Subandiyah, H. (2021). Pemuasan Kebutuhan pada Tokohh Utama dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Bapala, 9, 118–131.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Seri. (1984). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT Gramedia.

Sri dan Sulastriningsih. (2021). Aspek Kepribadian Tokoh Novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka Kajian Psikologi Humanistik. Jurnal Titik Dua, 1(1), 16.

Utomo, A. L., Qomariah, U., & Sumartini. (2019). Konflik Tokoh Utama dalam Novel Re: Karya Maman Suherman: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 40–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.