KAJIAN INTERTEKSTUAL NOVEL RAINBIRDS KARYA CLARISSA GOENAWAN DENGAN TSUKURU TAZAKI KARYA HARUKI MURAKAMI

Indra Cahya Pujarama, Natalia Endah Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan kepaduan unsur intrinsik novel Rainbirds dan Tsukuru Tazaki , dan kemudian memperbandingkan kedua novel tersebut, dan melihat hubungan intertekstual berupa hipogram dan transformasinya. Dalam penelitian ini, peneliti memilih menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan intertekstual. Pendekatan intertekstual yaitu membandingkan dua buah teks karya sastra yang dianggap memiliki keterkaitan atau hubungan tertentu. Ditemukan hasil dalam penelitian ini, unsur intrinsik pertama dari kedua novel yakni Rainbirds dan Tsukuru Tazaki, dan kemudian disandingkan untuk menemukan perbandingan di antara keduanya telah ditemukan hubungan intertekstual berupa hipogram dan transformasinya. Ditemukan data pada kedua novel, yang mana ditemukan 139 data pada novel Rainbirds sebanyak 66 data dan novel Tsukuru Tazaki terdapat 73 data. Pertunjukan bahwa novel Tsukuru Tazaki merupakan hipogram dari novel Rainbirds yang sebagai tekstransformasinya. Terlihat bahwa novel Rainbirds melakukan penyerapan dan transformasi terhadap teks hipogramnya yakni novel Tsukuru Tazaki, khususnya dari unsur tema, penokohan, latar, dan alur. Dan pengarang Clarissa Goenawan melakukan manipulasi dan mempengaruhi sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat yang terdapat pada novel Rainbirds terhadap novel Tsukuru Tazaki .

Keywords


Intertekstual; Novel; Hipogram; Transformasi

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, A.I. and Nugrahani, F., 2017. Pengkajian Sastra Teori Dan Aplikasi. Surakarta: CV Jiwa Amarta.

Endraswara, S. 2014. Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Bukupop.

Hikmawati, F., 2020. Metodologi Penelitian.

Irawandi, A., 2017. Makna Intertekstual Dalam Novel Anak Dru Dan Kisah Lima Kerajaan Karya Clara Ng Dan Renata Owen (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Marliana, A., Sintiawati, I. and Sahmini, M., 2018. Kajian Intertekstual Novel Dilan Karya Pidi Baiq dengan Novel Milea Karya Pidi Baiq. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), pp.267-282.

Moleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B., 2019. Teori Pengkajian Fiksi. UGM press.

Stanton, R. 2022. Teori Fiksi Robert Stanton. Pustaka Pelajar.

Suarta, I. 2020. Teori Sastra. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suratno, P., 2016. Bahasa-Sastra sebagai Representasi Pemikiran-Kekuasaan. In Prasasti: Conference Series (pp. 38-45).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.