KAJIAN EKRANISASI: ANALISIS NOVEL SERENDIPITY KARYA ERISCA FEBRIANI KE FILM SERENDIPITY KARYA INDRA GUNAWAN

Elsa Widia Kartika, Dodi Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis proses ekranisasi novel Serendipity karya Erisca Febriani ke film Serendipity karya sutradara Indra Gunawan. Proses ekranisasi yang dianalisis berupa alur, tokoh, dan latar dalam buk aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Penelitian bertujuan untuk mengapresiasi karya sastra dari segi kreativitas yang terdapat dalam proses ekranisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, menganalisis data, menyimak, membaca dan mencatat data yang terdapat novel Serendipity karya Erisca Febriani ke film Serendipity karya Indra Gunawan. Penelitian ini bermanfaat bagi pelajar dan pendidik untuk dijadikan sebagai bahasan acuan pembelajaran karena data yang digunakan berupa karya sastra populer yang diminati masyarakat terutama remaja. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan terdapat simpulan terjadinya penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Film yang ditayangkan di Indonesia paling banyak diangkat dari novel populer hal ini disebut fenomena ekranisasi. Hasil dari penelitian ini berupa proses ekranisasi yang terdapat dalam novel Serendipity ke dalam film Serendipity yaitu penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Berdasarkan penelitian proses yang paling banyak ditemukan yaitu perubahan bervariasi dengan kalimat yang diambil sebanyak enam (6) kalimat dan beberapa menggunakan penjelasan naratif.

Full Text:

PDF

References


Aderia, P., WS, H. and Zulfadhli (2013) ‘Ekranisasi Novel Ke Film Surat Kecil Untuk Tuhan’, Bahasa Dan Sastra, 1(2), p. 14. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/view/929.

Afri, P.N., Nurizzati, N. and Nasution, M.I. (2014) ‘Transformasi Novel ke Film Bidadari-Bidadari Surga: Kajian Ekranisasi’, Bahasa Dan Sastra, 2(3), pp. 13–26.

Alfathoni, M. A. M. & Manesah, D., 2020. Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Deephublish.

Anggito, A. & Setiawan, J., 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Arifin, M.Z. (2019) ‘Nilai Moral Karya Sastra sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono)’, Jurnal Literasi, 3(1), pp. 30–40.

Febriani, E., 2016. Serendipity. Jawa Barat: Penerbit Inari.

Firwan, M. (2017) ‘Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral’, Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), pp. 49–60.

Hardianti, S., Ramadhan, S. and Amir, A. (2019) ‘NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUNCIA PRIANDARINI’, Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), pp. 9–25.

Herman, R. (2018) ‘Ekranisasi, Sebuah Model Pengembangan Karya Sastra’, Ceudah, Vol 7 No 1, pp. 12–22. Available at: https://jurnalbba.kemdikbud.go.id/index.php/ceudah/issue/view/12.

Hidayat, Y., 2021. Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Solo: YLGI.

Moleong, L. J., 2014. Metode penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, R. (2017) ‘“Sastra Populer dan Masalah Mutu Penelitian Sastra di Perguruan Tinggi”’, Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(4), p. 265. Available at: https://doi.org/10.14710/nusa.12.4.265-275.

Praharwati, D.W. and Romadhon, S. (2017) ‘Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wa- hana’, XXIII(2), pp. 267–286.

Ramadhanti, D., 2018. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Saputra, N., 2020. Ekranisasi Karya Sastra dan Pembelajarannya. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Saputri, L.C. and Laeliyah, Y.N. (2020) ‘Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari’, KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), pp. 1–13.

Wahyuni, S. (2018) ‘Ekranisasi Novel Danur Karya Risa Saraswati Ke Dalam Film Danur Karya Sutradara Awi Suryadi’, Doctoral dissertation, State University of Surabaya, 7(7), pp. 1–10.

Wahyuningsih, S., 2019. Film dan Dakwah: Memahami Representasi Pesan-pesan Dakwah dalam Film Melalui Analisis Semiotik. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.