MASKULINITAS DALAM NOVEL MILEA: SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ

Adelia Wulandari, Dodi Firmansyah

Abstract


Maskulinitas selalu dijelaskan sebagai nilai-nilai yang dapat membangun identitas kelaki-lakian dalam masyarakat dan juga sebagai pembatas tentang nilai-nilai yang bukan feminim. Sehingga, maskulinitas ini menjadi topik yang begitu penting mengenai gender. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan maskulinitas yang terdapat pada tokoh laki-laki dalam novel Milea: Suara dari Dilan karya Pidi Baiq. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah maskulinitas yang terdapat pada tokoh laki-laki dalam novel Milea: Suara dari Dilan. Sedangkan, sumber data dalam penelitian ini adalah novel Milea: Suara dari Dilan karya Pidi Baiq yang diterbitkan oleh penerbit Pastel Books pada tahun 2016 di daerah Bandung, Jawa Barat dengan tebal 357 halaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik membaca dan mencatat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maskulinitas yang ada di dalam novel Milea: Suara dari Dilan  ini terdapat dalam tokoh Dilan, ayah Dilan, dan teman-teman Dilan. Tetapi yang lebih dominan, maskulinitas ini terdapat pada sosok Dilan. Ciri-ciri maskulinitas yang ditemukan di dalam novel Milea: Suara dari Dilan, diantaranya gambaran dari seorang laki-laki dalam berpenampilan, adanya sifat kekerasan, kepemimpinan, keberanian, keteguhan hati, ketegasan yang ada di dalam diri tokoh-tokohnya. Tetapi, ciri-ciri maskulinitas yang lebih dominan yang terdapat di dalam novel Milea: Suara dari Dilan adalah sifat kekerasan dan keteguhan hati yang dimiliki oleh tokoh laki-laki.

Keywords


maskulinitas, novel, tokoh laki-laki

Full Text:

PDF

References


Baiq , P., 2016. Milea: Suara dari Dilan. Edisi 2. Bandung : Pastel Books .

Dewi , D. P. & Danela , H. G., 2021. Maskulinitas dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dengan Pembelajaran Menganalisis Pesan dari Buku Teks. Parafrasa: Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 3(1): 9-14.

Febrianti , N. L., Artika , I. W. & Artawan , G., 2023 . Ketidakadilan Gender dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia , 12(1): 34-43.

Ibrahim , A. I., 2013 . Maskulinitas dalam Novel Keluarga Permana Karya Ramadhan K.H.. Metalingua: jurnal Penelitian Sastra , 6(2): 1-16 .

Noviana , R., 2017 . Maskulinitas dalam Novel. 1-11.

Rizqina , A. A. et al., 2023. Presentasi Maskulinitas Tokoh dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari: Analisis Teori Janet Saltzman Chafetz. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya , 3(2): 66-80 .

Sari , W. P. & Kusuma , S. N., 2018. Gambaran Maskulinitas Melalui Film (Studi Pandangan Generasi Milenial Pada Tokoh Dilan di Film "Dilan 1990"). Koneksi, 2(2): 548-555.

Sholikha , M., 2020. Maskulinitas dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Bapala , 7(1): 1-17.

Sumaryanto , 2019. Karya Sastra: Bentuk Prosa. Semarang : Mutiara Aksara .

Widyawati , M. & Andalas , E. F., 2020 . Dinamika Maskulinitas dan Nasionalisme Masyarakat Jawa di Era Majapahit. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 4(2): 116-129 .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.11716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.