ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TATARAN MORFOLOGI PADA SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT

Erlinda Salsabila Putri Fatikah, Deri Anggraini

Abstract


Adanya kesalahan dalam penulisan surat kabar atau koran pada tataran morfologi perlu dilakukan kegiatan analisis kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan berbahasa pada tataran morfologi bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam penggunaan kaidah kebahasaan yang tidak sesuai dengan norma kaidah bahasa pada berita melalui media cetak seperti surat kabar atau koran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan membaca dan mencatat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan berbahasa dalam tataran morfologi pada surat kabar kedaulatan rakyat meliputi kesalahan dalam penggunaan sufiks (-nya), sufiks (-kan), kesalahan dalam penggunaan prefiks (ber-), prefiks (mem-), prefiks (men-), prefiks (di-), prefiks (pe-), kesalahan dalam penulisan kata depan (preposisi), dan kesalahan dalam penulisan kata dasar serta kesalahan dalam penulisan kata ulang. Dengan demikian, diharapkan kepada wartawan supaya lebih berhati-hati dalam menulis dan menyajikan berita khususnya  berita yang disajikan dalam bentuk media cetak seperti surat kabari atau koran.

Full Text:

PDF

References


Arifin dan Junaiyan. (2009). Sintaksis untuk Mahasiswa Sastra Satu Jurusan Bahasa atau Linguistik dan Guru Bahasa Indonesia SMA/SMK. Jakarta: PT. Grasindo.

Astusi, S.P., Sobari, T., & Aeni, E.S. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi Pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Jurnal Parolee. Vol 3 No 1 PP 21-30.

Barus, S. W. (2010). Jurnalistik Petunjuk Teknik Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Bintara, F. E., Saddhono, K., & Purwadi, P. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Gunung Kidul. BASASTRA, 5 (1), 77-91.

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, F. N., Purnamasari, D., Pratiwi, D., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Bintang Tamu Talk Show Hitam Putrih yang Berjudul “Fenomena Kanjeng Dimas”. Parole (Jurnal Pndidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 775-786.

Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi, S. (2021). “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi pada Karangan Siswa Kelas VII, SMPN 11 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72-80.

Harsanti, D. W. et al. (2022). “Analisis Kesalahan Ejaan pada Artikel Jurnal Acta Diurna Komunikasi Volume VI Tahun 2017”, Jurnal Parafrasa : Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 4(2), pp. 45-52.

Irmawati, E., Sari, N. P. I., & Kusumahastuti, P. A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi dan Ejaan pada Judul Youtube di Chanel Baim Paula. Jurnal Diglosia. Vol 4 No 2 PP 277-289.

Mantasiah, & Yusri. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa). (1st ed). Yogyakarta: Deepublish.

Maulidiah, R. H., Nisa, K., & Nasution, W. N. A. (2017). Problematika Menganalisis Wacana Secara Tekstual Dan Kontekstual Mahasiswa Fkip Una. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 95-102.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastr. Vol 2 No 2 PP 218-224.

Putrayasa, Ida Bagus. (2008). Analisis Kalimat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: Refika Aditama.

Ramandhani, Dwi I., (2016). Konflik Tokoh dalam Novel Dream Angel (Catatan Kecil Felisya) Karya Muhammad Ardiansha El-Shemary. Jurnal Humanika, 1 (16), pp. 1-19.

Ramlan. (2001). Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yoyakarta: CV Karyono.

Rohmadi , dkk. (2012). Morfologi: Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rohmadi, dkk. (2013). Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Setiani, H. & Utomo, A. P. Y. (2021). ‘Analisis Kata Tugas Pada Artikel Opini “ Melestarikan Budaya, Memandirikan Warga” oleh Musonif Fadli dalam Kabar Jawapos’, Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), pp. 103-119.

Suryaningsih, Disty. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Yunus, Syarifudin. (2010). Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.