Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Mursala Sutradara Viva Westi

Chici Al Wafiq

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Mursala yang disutradarai oleh Viva Westi. Penelitian tindak tutur ekpresif ini merupakan unit analisis dalam kajian pragmatik yang dapat mengartikan maksud penutur sebagai suatu tindakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wujud data yang akan ditelaah berupa tuturan yang diungkapkan oleh para tokoh dalam film “Mursala”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah simak dan catat. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif oleh Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pernarikan kesimpulan. Terdapat 72 tindak tutur yang tergolong dalam 8 bentuk tindak tutur ekpresif. Adapun tindak tutur ekspresif tersebut antara lain ialah memuji (20 data), berterima kasih (9 data), menyalahkan (6 data), mengharapkan (10 data), meminta maaf (5 data), mengkritik (7 data), mengeluh (8 data), dan marah (7 data). Dari data tersebut, dapat disimpulkan dalam film Mursala tindak tutur ekpresif sebagian besar adalah memuji, berterima kasih, dan mengharapkan.

Keywords


tindak tutur, ekspresif, film Mursala

Full Text:

PDF

References


Eka, M. (2016). Peristiwa Tutur dalam Mockumentary Malam Minggu Miko. Jurnal Arkhais, 07(1).

Frandika, E., & Idawati, I. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018)”. Pena Literasi, 3(2), 61-69.

Islamiati, I., Arianti, R., & Gunawan, G. (2020). Tindak Tutur Direktif Dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens. Jurnal Pendidikan Rokania, 5(2), 258-270.

Izar, J., & Rengki Afria, K. (2022). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Dokumenter The Mahuzes Karya Watchdoc Image. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(1), 1-11.

Khotimah, K., Hudiyono, Y., & Rijal, S. (2018). Tindak Tutur dalam Video Orasi Aksi Cabut UU Cipta Kerja Omnibus Law di Samarinda. Adjektiva Journal, 1(2).

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Moleong, Lexy.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muliana, S. (2015). Tindak Tutur Ekspresif pada Film “Mimpi Sejuta Dolar” Karya Alberthiene Endah. Prasasti: Journal Of Linguistics, 1(2).

Novia, L. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif pada Percakapan Anak Usia 4-6 Tahun di Paud Gelora Hati Pondok Aren Tangerang Selatan (Kajian Pragmatik). Jurnal Sekretari , 10(2).

Safitri, R. D. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. Jurnal Kabastra, 1(1).

Siagian, E. S. L., Suwandi, S., & Andayani, A. (2018). Speech Acts And Functions Of Expressive Speech Of Polish Bipa Learners At Upt Bahasa UNS. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 12(1), 12.

Widayanti, S. R., & Kustinah, K. (2019). Analisis Pragmatik pada Fungsi Tindak Tutur dalam Film Karya Walt Disney. Prasasti: Journal of Linguistics, 4(2), 180-185.

Zamzani & Yayuk Rahayu. (2017). Yang Penting Wacana. UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.