CAMPUR KODE DALAM KONTEN YOUTUBE AMELICANO “KE SUWON UNTUK SUPPORT MEGAWATI HANGESTRI PERTIWI”

Asmaul Husna Cantika Wiradika, Rr. Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan 1) penggunaan campur kode dalam konten Youtube Amelicano “Ke Suwon Untuk Support Megawati Hangestri Pertiwi”, 2) bentuk-bentuk campur kode dalam konten Youtube Amelicano “Ke Suwon Untuk Support Megawati Hangestri Pertiwi”. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik simak catat yang mana peneliti menyimak atau mengamati penggunaan bahasa yang diujarkan. Hasil dari penelitian ini menggunakan teori Nursaid dan Marjusman Maksan yaitu terdapat dua jenis campur kode, yakni campur kode ke dalam (inner code mixing) dan campur kode ke luar (outer code mixing). Hasil dalam penelitian ini terdapat 20 data ujaran berupa campur kode ke luar dengan pengujarannya yakni kata dan frasa. Selain itu, dari semua ujaran terdapat 18 bentuk unsur kata dan 6 bentuk unsur frasa. Penggunaan campur kode ke luar yang diujarkan oleh Amelia Tantono yaitu berupa ujaran bahasa Indonesia dengan bahasa Korea serta ujaran bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Ujaran yang diucapkan oleh Amelia Tantono seringkali terjadinya campur kode ke luar. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebuah pengetahuan mengenai bentuk campur kode dan dapat sebagai acuan peneliti dalam memahami bentuk – bentuk campur kode.

Full Text:

PDF

References


Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. JURNAL TARBIYAH, 24.

Kusuma Wardani, A. (2021). Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Youtube Leonardo Edwin (Suatu Kajian Sosiolinguistik). In NUSA (Vol. 16, Issue 4).

Mustain, A. (2019). CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK SWADAYA.

Nurlianiati, dkk. (2019). Alih Kode Dan Campur Kode Pada Konten Youtube Bayu Skak. Seminar Nasional Literasi, 07(1–8), 257–267. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snl/article/view/802

Wirawan, S., & Shaunaa, R. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM VIDEO AKUN YOUTUBE LONDOKAMPUNG (Vol. 2, Issue 1). https://jurnalbudaya.ub.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.