PEMBELAJARAN SASTRA DAN BUDAYA MELALUI BUKU CERITA DAERAH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ati, A. P., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa SD. Basastra, 10(1), 46-54. https://doi.org/10.24114/bss.v10i1.23383
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(2), 137-144. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i2.12561
Juita, H. R., Herlina, H., & Widiyarto, S. (2023). The Tradition of Cacap-Cacapan Marriage as Indonesian Literature Online Learning Materials For High School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1519-1528. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/2753
Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=iMhuEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Kehidupan+yang+sangat+luas+menjadikan+pelajaran+berharga+bagi+anak&ots=TRcHb1Jjjv&sig=ybxEvQ23N1pqNBLWrHdQj-knMr4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Munajah, R. (2018). NILAI MORAL DALAM FOLKLOR LEGENDA BATU QUR’AN (Studi Deskriptif Unsur Sastra Lisan dan Penyusunan Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(01). DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.117
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Ugm Press.
https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=_ZtjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA50&dq=Sastra+anak+sangat+erat+dengan+kehidupan+anak+yang+masih+polos+dan+unik.+&ots=bjZXeHiM9P&sig=ofS6ERa3LzfQ5px8HDF_P6fOYiA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Oktasari, A. F., & Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Sastra Anak. Journal on Education, 5(4), 12017-12025. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2163
Rokhmawan, T. (2018). Mengakrabkan Budaya Lisan dan Penyelenggara Pendidikan sebagai Upaya Merevitalisasi Kesusastraan Lisan-Lokal.
Rahman, H., Wirawati, D., & Sidiq, J. N. A. (2020). Pembentukan karakter melalui pembelajaran sastra berbasis ekologis dalam kumpulan cerita rakyat nusantara. Pena Literasi, 2(2), 87-92. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.2.87-92
Santoso, H. (2011). Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar. Universitas Negeri Malang. https://repository.um.ac.id/1385/
Sahrazad, S., Cleopatra, M., Widiyarto, S., Hapsari, F., Pamungkas, A. D., & Suprapto, H. A. (2023). Application of Guidance Counseling with Cooperative Learning Methods to Increase Middle School Students' Learning Motivation. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(10), 1709-1716. DOI: https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i10.6634
Saputri, N. L., Sofiani, Y., Hadi, I., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2023). Representation of Acehnese King Braveness In Pocut Muhammad Saga. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(4), 1531-1542. DOI: https://doi.org/10.58526/jsret.v2i4.249
Umri, C. A. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1261
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467-478. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3796
Widiyarto, S. (2023). Pembelajaran Sastra Bersumber dari Tradisi Lisan Gawai Dayak Kalimantan Barat. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 7(2), 185-190. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.21625
.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.