PENGGUNAAN BAHASA PROPAGANDA BERDIMENSI POLITIK PADA SITUS BERITA ONLINE DETIKCOM
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya memahami bagaimana media online, termasuk situs berita, dapat digunakan sebagai alat komunikasi politik yang efektif untuk mempengaruhi persepsi dan opini publik. Detikcom, sebagai salah satu situs berita terkemuka di Indonesia, memiliki pengaruh yang luas dan mencakup berbagai topik politik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan bahasa propaganda berdimensi politik pada situs berita online Detikcom. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Keberadaan bahasa propaganda dalam konten berita dapat memengaruhi cara pembaca memahami dan menafsirkan informasi yang diberikan. Bahasa propaganda diimplementasikan menggunakan 7 teknik propaganda yaitu name calling, glittering generalities, transfer, testimonials, plain folks, dan bandwagon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat teknik propaganda yang muncul dalam tuturan-tuturan yang ditemukan, diantaranya yaitu (1) Teknik propaganda name calling diperoleh 3 buah tuturan dengan presentase 10,71%, (2) Teknik propaganda glittering generalities diperoleh 2 buah tuturan dengan presentase 7,14% (3) Teknik propaganda transfer diperoleh 3 buah tuturan dengan presentase 10,71%, (4) Teknik propaganda testimonials diperoleh 4 buah tuturan dengan presentase 14,28%, (5) Teknik propaganda plain folks diperoleh 5 buah tuturan dengan presentase 17,85%, (6) Teknik propaganda card stacking diperoleh 5 buah tuturan dengan presentase 17,85%, (7) Teknik propaganda bandwagon diperoleh 7 buah tuturan dengan presentase 21,42%. Karakteristik bahasa propaganda yang muncul terlihat dari total frekuensi tertinggi ada pada teknik bandwagon dengan jumlah presentase 21,42%.
Keywords
propaganda, media online
Full Text:
PDFReferences
Darma, Y, A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar, A.,Y. (2017). Memahami Propaganda: Metode, Praktik dan Analisis. Yogyakarta: PT Kanisius.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2006). Metodologi Penelitian. Mataram:Yayasan Cerdas Press
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.