QUANTUM LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERBASIS STEAM KELAS VIIIC SMP TERPADU AR-RISALAH CIAMIS

Hilma Nurullina Fitriani, Juflyn Alim

Abstract


Observasi yang telah dilakukan di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis menunjukkan kecenderungan peserta didik menulis puisi dengan tema yang tidak variatif, sehingga mereka mengalami kesulitan untuk mengembangkan tulisannya. Permasalahan lainnya, peserta didik kurang percaya diri terhadap karyanya sendiri. Seiring berkembangnya teknologi, maka peneliti menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan memanfaatkan pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran, keterampilan menulis peserta didik, kendala, serta solusi dalam penerapan Quantum Learning menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 84 dan sebesar 100 pada sikus II. Rata-rata hasil aktivitas peserta didik sebesar 74 dan siklus II sebesar 89. Skor rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan dengan persentase keberhasilan siklus I sebesar 42% dan siklus II sebesar 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dalam menulis puisi berbasis STEAM meningkatkan kemampuan peserta didik dengan memberikan nuansa belajar yang menyenangkan, aktif, antusias, dan semangat dalam menulis.

Keywords


penelitian tindakan kelas, pembelajaran, puisi, quantum learning, STEAM

Full Text:

PDF

References


Astuti, W. (2017). Model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124–129.

Burns, A. (1999). Collaborative action research for English language teachers. Cambridge University Press.

DeCoito, I. (2014). Focusing on science, technology, engineering, and mathematics (STEM) in the 21st century. Ontario Professional Surveyor, 57(1), 34–36.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: Mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas (1st ed.). Kaifa.

Harefa, N. A. J., & Gulo, H. I. N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Kristen Tomosa 2 dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning. Intelektium, 2(1), 99–107.

Hendrisman, H. (2019). The Influence of the use of the square quantum learning model on poetry writing skills students in class VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 246–256.

Hopkins, D. (2014). A teacher’s guide to classroom research (5th ed.). McGraw-Hill Education (UK).

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.

James, H. R. (2016). Reinventing the STEAM engine for art design education. Art Education, 69(4), 4–7.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197.

Nurhayati, E., Aryana, S., Sobari, T., & San Fauziya, D. (2022). Pendekatan STEAM dalam pembelajaran online karya sastra menulis kreatif di era covid-19. Aksara, 34(2), 282–295.

Suparno, M. Y. (2008). Keterampilan dasar menulis (1st ed.). Universitas Terbuka.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.