PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL ( PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS IX C SMPN 2 CIAMIS KECAMATAN CIAMIS KABUPATEN CIAMIS

Alifia Suci Damayanti, Fanny Rahma Utami, Taufik Hidayat, Aida Fathiya

Abstract


Pembelajaran adalah proses interaksi antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan yang kondusif. Pembelajaran bahasa, terdapat empat keterampilan utama yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil peningkatan motivasi peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan tujuan untuk memberikan deskripsi dan gambaran sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ditemukan. Data diperoleh melalui teknik observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato persuasif meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur teks pidato persuasif. Hal ini terlihat dari peningkatan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran serta hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan analisis siswa setelah penerapan model PBL.

Keywords


Menganalisis, Teks pidato persuasif, PBL

Full Text:

PDF

References


Wati, M. M. E. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas Ix Smpn 25 Kerinci. Inovasi Pendidikan, 11(1).

Sahra, S. (2021). Peningkatan keterampilan menulis pidato persuasif menggunakan model problem based learning berbantuan multimedia bagi siswa SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Paedagogy, 8(4), 560-572.

Haryanto, H., & Indarto, W. (2020). Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi “Menyampaikan Pidato Persuasif” Kelas IX-F Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020: in the Odd Semester of Academic Year 2019/2020. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 85-101.

Aulia, F. H. A. F. H., & Fatonah, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato melalui Model Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VI SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1-12.

Setiawan, I., Devista, J. R., Novitasari, R., & Agustina, T. (2022). Penggunaan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaida Kebahasaan Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 3 Tangerang Selatan. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 81-91.

Arikunto, Suharsimi;. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmah, Ainur. (2016). Definisi Sumber Data Dan Teknik Pengumpuln Data Serta Penjelasan Sumber Data Primer Dan Sekunder Dalam Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono, Prof Dr.. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Retrieved from www.cvalfabeta.com

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Oktaviana, D., & Saroni, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP N 01 Bengkulu Utara. Kependidikan, 1(30).

FERDIANSYAH, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Fungsi. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 157-163.

Rajali, Ahmad;. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadahrah, 17, 83-84. Retrieved from https://jurnal.uin-antasari.ac.id/

Nuraini, N. (2022). Meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif dengan model pembelajaran problem based learning siswa smp negeri satu atap 2 payung kabupaten karo. Civitas Academica: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 27-32.

Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 124-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.16353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.