Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pendekatan Teaching at The Right Level Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Baregbeg

Jamjam Jamaatul Maulid, Intan Permata Suci, Hersa Purwita, Shinta Rini, Nia Rohayati

Abstract


Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik  kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg adalah menganalisis unsur pembangun cerita pendek. Kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik namun hasil yang diperoleh ternyata masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai KKM 75 yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran  dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg Ciamis  Tahun Ajaran 2024-2025.  Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, terdiri dari empat tahap yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan melaksanakan refleksi. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes.Pada siklus pertama, pembelajaran menganalisis unsur pembangun teks cerpen menunjukkan sebanyak 13 orang peserta didik (43%) telah berhasil mencapai KKM dan sebanyak 17 orang peserta didik (57%) yang belum mencapai KKM. Sedangkan, pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM yang ditentukan dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 78. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menganalisis unsur pembangun teks cerpen dari siklus kesatu dan siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Discovery Learning dan Pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg tahun ajaran 2024-2025.

Keywords


Teks Cerpen, Discovery Learning, Teaching at The Right Level, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Full Text:

PDF

References


Ahyar, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5 (11). 5241-5246.

Heryadi, Dedi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill

Pandiangan, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. [daring]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=NWXMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=).+Penelitian+Tindakan+Kelas+Sebagai+Upaya+Peningkatan+Kualitas+Pembelajaran,+Profesionalisme+Guru+dan+Kompetensi+Belajar+Siswa.&ots=YoVj4wuNgL&sig=K1ScCgAfuB8xzwjdBTfqaGYh4O8&redir_esc=y#v=onepage&q=).%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas%20Sebagai%20Upaya%20Peningkatan%20Kualitas%20Pembelajaran%2C%20Profesionalisme%20Guru%20dan%20Kompetensi%20Belajar%20Siswa.&f=false. [15 Agustus 2024].

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta

Susana, A. (2019) Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar. [daring]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gDXYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=Pembelajaran+Discovery+Learning+Menggunakan+Multimedia+Interaktif&ots=_hDVExVba1&sig=Jft81LraSZh2sjbQfb6JCrh8H1s&redir_esc=y#v=onepage&q=Pembelajaran%20Discovery%20Learning%20Menggunakan%20Multimedia%20Interaktif&f=false[15 Agustus 2024].




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.16356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.