Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pendekatan Teaching at The Right Level Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Baregbeg
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg adalah menganalisis unsur pembangun cerita pendek. Kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik namun hasil yang diperoleh ternyata masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai KKM 75 yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg Ciamis Tahun Ajaran 2024-2025. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, terdiri dari empat tahap yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan melaksanakan refleksi. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes.Pada siklus pertama, pembelajaran menganalisis unsur pembangun teks cerpen menunjukkan sebanyak 13 orang peserta didik (43%) telah berhasil mencapai KKM dan sebanyak 17 orang peserta didik (57%) yang belum mencapai KKM. Sedangkan, pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM yang ditentukan dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 78. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menganalisis unsur pembangun teks cerpen dari siklus kesatu dan siklus kedua. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Discovery Learning dan Pendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Baregbeg tahun ajaran 2024-2025.
Keywords
Teks Cerpen, Discovery Learning, Teaching at The Right Level, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Ahyar, dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5 (11). 5241-5246.
Heryadi, Dedi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill
Pandiangan, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. [daring]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=NWXMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=).+Penelitian+Tindakan+Kelas+Sebagai+Upaya+Peningkatan+Kualitas+Pembelajaran,+Profesionalisme+Guru+dan+Kompetensi+Belajar+Siswa.&ots=YoVj4wuNgL&sig=K1ScCgAfuB8xzwjdBTfqaGYh4O8&redir_esc=y#v=onepage&q=).%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas%20Sebagai%20Upaya%20Peningkatan%20Kualitas%20Pembelajaran%2C%20Profesionalisme%20Guru%20dan%20Kompetensi%20Belajar%20Siswa.&f=false. [15 Agustus 2024].
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta
Susana, A. (2019) Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar. [daring]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gDXYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=Pembelajaran+Discovery+Learning+Menggunakan+Multimedia+Interaktif&ots=_hDVExVba1&sig=Jft81LraSZh2sjbQfb6JCrh8H1s&redir_esc=y#v=onepage&q=Pembelajaran%20Discovery%20Learning%20Menggunakan%20Multimedia%20Interaktif&f=false[15 Agustus 2024].