UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS ARGUMENTASI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZ

Ade Irna Indayanti, Tiara Caesar, Rina Agustini, Husen -

Abstract


Salah satu capaian pembelajaran di fase F (kelas XI) semester ganjil yaitu peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat opini dan kalimat fakta pada sebuah teks argumentasi.  Namun, kenyatannya peserta didik kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) 2 SMK Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025 mengalami kesulitan sehingga belum mampu mencapai KKTP. Upaya yang dilakukan penulis yaitu dengan penerapan model problem based learning berbantu quizizz.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Quizizz sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dalam kemampuan mengidentifikasi kalimat opini dan kalimat fakta pada sebuah teks argumentasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 2 SMKN 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data mencakup tes, observasi, dan dokumentasi. Sebelum tindakan kelas dilakukan, data menunjukkan bahwa 24 siswa (75%) belum mencapai KKTP, sedangkan 8 siswa (25%) telah mencapai KKTP. Pada siklus kesatu pembelajaran mengidentifikasi kalimat fakta dan kalimat opini dalam teks argumentasi  sebanyak 14 orang (43,75%) telah mencapai KKTP dan 18 orang (56,25%) belum mencapai KKTP yang sudah ditentukan yaitu 75. Sedangkan pada siklus kedua sebanyak 29 orang (90,6%) telah mencapai KKTP dan 3 orang (9,4%) belum mencapai KKTP.Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa Whitung pada jumlah positif yakni 0 lebih kecil daripada Wtabel (126,2) dalam taraf signifikansi 1% (0,01). Data tersebut mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media pembelajaran Quizizz berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kalimat fakta dan opini dalam teks argumentasi di kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima.

Keywords


(Problem Based Learning, Quizizz)

Full Text:

PDF PDF

References


Ebe, A., Jumadi, Herniyastuti, & Adhari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Base Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Tanasitolo. Internastional Journal of Education Research, 4 (1), 13-22.

Heryadi, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Billah.

Indarta, Y., Jalinus, N., & Waskito, W. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2), 3011-3024.

Sori, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap KemampuanMenulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IX . Silampari Bisa : Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indoneisa, daerah, dan asing, 4(2), 257-266.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kuantitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.16431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.