PENGUATAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER
Tugas Utami Handayani
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk membudayakan kegiatan literasi sebagai upaya membentuk karakter baik di lingkup siswa, guru, karyawan maupun masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini lebih memfokuskan pada data-data yang berupa informasi kualitatif dan berusaha untuk menggambarkan suatu keadaan yang sekarang terjadi dengan apa adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pembina literasi SMP 3 Sukoharjo, buku materi Pendidikan Karakter disusun oleh Furqon Hidayatillah, buku materi Gerakan Literasi Siswa disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Majalah Genta dan koran solopos. Data yang dikumpulkan dalam tulisan ini berupa paragraf, kalimat dan kata yang tertera dalam buku materi, majalah dan koran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, baca dan tulis. Teknik analis datanya adalah deskriptif. Kesimpulan Budaya Literasi dapat meningkatkan karakter siswa. Siswa lebih bertanggung jawab, disiplin, berbudi pekerti, dan senang memanfaatkan waktu dengan membaca.
Azwar, Saifudin. (2005). Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gun, Hery P. (2017) Majalah Genta: Laporan Utama. Kemendikbud, Budaya Membaca dan Literasi Rendah. PT. Danti Putra Sabrayat. Surakarta, No.133. 20 April – 4 Mei hal. 17-20.
Harsiati Titik, Triyanti Agus dan Kosasih. (2016). Paket Bahasa Indonesia. Kementerian dan Kebudayaan: Jakarta
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yumma Presindo.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. (2016). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kemendikbud.
Rahayu, Tri. (2017) Ayo Membaca, Hadiah Bagi yang Paling Rajin Membaca. SoloPos.
Sufanti, Main. (2011) Wujud Materi Bersastra dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan Relevansinya dengan Standar Isi .Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni. 313 – 326.