GAYA BAHASA DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DAN MODEL PEMBELAJARANNYA DI SMA

Eny Tarsinih, Putri Pebriatun

Abstract


Sastra merupakan suatu bentuk karya manusia yang menghasilkan sebuah karya seni yang kreatif, untuk mengungkapkan pikiran-pikiran pengarang, dan sebagai alat pengantarnya adalah bahasa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan bahwa ada kaitannya antara karya sastra dengan gaya bahasa serta bahan pembelajaran tidak bervariatif dan cenderung membosankan.Rumusan masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. (1) Bagaimana unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari, (2) Bagaimana penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari, (3) Apakah novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dapat dijadikan alternatif bahan ajar di SMA, (4) Model pembelajaran apa yang digunakan untuk pembelajaran gaya bahasa yang terdapat dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian meliputi kata, frasa, kalimat, dan kutipan novel Aroma Karsa. Sumber data primer diperoleh dari novel Aroma Karsa karya Dee Lestari.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) unsur intrinsik dalam novel Aroma Karsa karya Dee Lestari memuat tema yaitu tentang Kekuatan indra penciuman Jati Wesi yang membawanya menemukan Puspa Karsa dan asal usul dirinya. Tokoh utama Jati Wesi. Alur campuran (alur maju dan alur mundur). Latar dalam novel ini yaitu tempat, dan waktu. Sudut pandang penceritaan yang digunakan adalah sudut pandang orang ke tiga “dia” yaitu sebagai tokoh utama dan tokoh tambahan. Amanat sebagai manusia kita tidak boleh mengubah takdi dari Allah. (2) Gaya Bahasa novel Aroma Karsa karya Dee Lestari meliputi majas perbandingan, perulangan, sindiran, pertentangan, dan penegasan, terdapat gaya bahasa pada unsur intrinsik novel, gaya bahasa simile banyak digunakan pengarang dalam novel, banyak pembaruan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Aroma Karsa. (3) novel Arma Karsa karya Dee Lestari memenuhi kriteria yang layak sebagai bahan ajar sastra baik dari segi bahasa, segi kematangan jiwa (psikologi), dan segi latar belakang budaya siswa, antara lain sebagai berikut: (a) aspek bahasa yang terdapat pada novel Aoma Karsa mudah dipahami oleh siswa, (b) aspek psikologi dalam novel Aroma Karsa sangat baik karena tokoh dalam cerita tersebut dapat dijadikan motivasi, (c) aspek latar budaya novel Aroma Karsa menceritakan tentang sejarah kerajaan Majapahit (4) Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tersebut yaitu model pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok.

Keywords


Gaya Bahasa, Stilistika, Novel, Bahan Ajar, dan Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dedikbud. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Effendi, Rustam. 2016. Apresiasi Prosa Fiksi. Yogyakarta: K-Media

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Edisi Ketujuh. Bandung: Alfabeta.

Iskandar Wassid. Dkk. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Joyce, Marsha Weil, Emelly Calhoun. 2011. Model of Teaching, edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Kohar, Dadun. 2016. Bahan Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia: Universitas Wiralodra Indramayu.

Lestari, Dee. 2018. Aroma Karsa. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah University Perss.

Permendikbud Nomer 103 Tahun 2014 Tentang Model Pembelajaran.

Permendikbud undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, Nyoman Khuta. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.